SOLOPOS.COM - Ilustrasi pemudik di Tanjuk Perak Surabaya. (JIBI/Antara/Didik Suhartono)

Mudik Lebaran 2015 menjadi kisah menyedihkan bagi 283 pemudik di Surabaya. Mereka telantar Pelabuhan Tanjung Perak akibat gelombang yang cukup tinggi.

Madiunpos.com, SURABAYA – Gelombang tinggi memaksa keberangkatan kapal mudik gratis, KM Darlin Isabel, tertunda. Akibatnya, 283 calon penumpang yang akan mudik Lebaran 2015 telantar di Dermaga Gapura Surya, Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur hingga Rabu (15/7/2015).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

KM Darlin Isabel adalah kapal yang disewa khusus oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim). Kapal motor tersebut sedianya mengantar pemudik menuju Masalembu, Senin (13/7/2015) lalu. Namun, karena tingginya gelombang air laut, keberangkatan kapal mudik Lebaran 2015 gratis tersebut tertunda hingga saat ini.

“Bobot KM Darlin Isabel hanya 700 gross tonnage [tonase kotor], sangat riskan jika digunakan untuk berlayar. Padahal gelombang sedang tinggi-tingginya,” kata Kepala Syahbandar Kelas Utama Tanjung Perak Capt. Rudiana kepada wartawan, Rabu (15/7/2015), seperti diberitakan Detikcom.

Rudiana menjelaskan kapal yang bisa menembus gelombang di atas tiga meteran harus kapal yang berbobot 1.000 tonase kotor (gross tonnage). Rudiana berharap para pemudik bisa diangkut menggunakan kapal berbobot 1.000 gross tonage atau lebih.

Ia menambahkan, kondisi para calon penumpang mudik Lebaran 2015 saat ini cukup menyedihkan. Mereka masih bertahan di Dermaga Gapura Surya. Mereka duduk, istirahat, dan tidur di situ dengan alas seadanya.

“Seharusnya pemerintah menyewa kapal yang lebih besar agar kami bisa mudik meski gelombang sedang tinggi. Lebaran sudah dekat, padahal perjalanan ke Masalembu bisa lebih dari setengah hari,” ujar Arianto, salah satu pemudik.

Humas Pelindo III Cabang Tanjung Perak Dhany Agustian mengatakan pihaknya sudah memberi fasilitas dan bantuan kepada para pemudik. Para pemudik, kata Dhany, sudah diberikan makanan dan minuman gratis.

“Kamar mandi juga sudah kami buka. Kami prioritaskan ibu-ibu dan anak-anak, mereka kami tempatkan di ruang VIP,” ujar Dhany.

Dhany mengatakan, rencananya para pemudik akan diberangkatkan Kamis (16/7/2015) pukul 05.00 WIB. Pemberangkatan para calon penumpang mudik Lebaran 2015 tetap dilakukan menggunakan KM Darlin Isabel.

“Hingga pukul 14.00 WIB gelombang masih tinggi. Kami berharap ada keajaiban sehingga gelombang bisa turun pada besok pagi,” kata Dhany.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya