SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Dok)

Solopos.com, SOLO — Lonjakan penumpang arus balik Lebaran 2014 dari Terminal Tirtonadi Solo, Selasa (28/7/2014), memang belum terlihat. Namun tiket arus balik ke sejumlah tujuan telah ludes terjual pada Lebaran hari kedua.

Staf ticketing Perusahaan Otobus (PO) Gunung Mulia Putra yang beroperasi di Terminal Tirtonadi, Untung H.M., mengatakan ketersediaan tiket bus Jumat-Sabtu (1-2/8/2014) mendatang telah habis. “Kalau di sini tiket untuk H+3 dan H+4 sudah habis. Sampai siang ini yang tersisa untuk keberangkatan mulai Minggu [3/8/2014]. Itu pun tinggal enam kursi,” katanya, Selasa.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurut Untung, saat ini tiket yang tersisa tinggal kelas eksekutif sedangkan tiket kelas ekonomi telah ludes terjual. “Kami di sini hanya dijatah satu bus. Kalau untuk H+5 dan H+6 memang masih setengah [20 kursi],” katanya.

Ekspedisi Mudik 2024

Senada dengan Untung, Manager Operasional Rosalia Indah Tour and Travel, Endang Sri Rejeki, menuturkan tiket bus reguler dan tambahan untuk keberangkatan Rabu-Selasa (30/7-5/8) telah terjual. “Tiket sudah habis semua, termasuk tujuan Surabaya/Malang,” jelas Endang.

Kepala UPTD Terminal Tirtonadi Surakarta, Eko Agus Sulistyo, mengatakan lonjakan penumpang biasanya baru terasa H+1 atau Rabu (29/7/2014). Sedangkan puncak arus balik, imbuhnya, diprediksi berlangsung Sabtu (2/8/2014).

“Seperti tahun sebelumnya, kenaikan penumpang baru terasa H+1. Kalau puncaknya saya prediksi H+4 [Sabtu, 2/8/2014] karena aktivitas perkantoran Senin sudah normal kembali,” kata Eko, Selasa (29/7/2014).

Disinggung mengenai antisipasi menghadapi puncak arus balik mendatang, Eko mengungkapkan pemerintah telah mempersiapkan 100 armada tambahan untuk mengatasi penumpukan penumpang. “Tahun ini kami sediakan 100 bus ekstra. Kami jamin tidak ada penumpukan penumpang di terminal,” jelasnya.

Data yang dihimpun Solopos.com dari Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) Terminal Tirtonadi Solo, Selasa, pukul 07.00 WIB-14.00 WIB, jumlah penumpang tercatat sebanyak 23.446. Terminal tampak lengang dengan jumlah armada yang melintas sepanjang pagi-siang tercatat sebanyak 1.207 bus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya