SOLOPOS.COM - ilustrasi (JIBI/dok)

Harianjogja.com, JOGJA- Terminal Giwangan Jogja mulai menyiapkan lokasi dan fasilitas untuk penjemputan pemudik dan sepeda motor dari para pemudik yang memanfaatkan bus mudik gratis dari Kementerian Perhubungan.

“Kuota jumlah pemudik dan sepeda motor ke Terminal Giwangan lebih banyak dibanding tahun lalu, sehingga persiapan lokasi penurunan penumpang dan sepeda motor perlu dilakukan sejak sekarang,” kata Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Terminal Giwangan Bekti Zunanta, Sabtu (21/6/2014).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurut dia, truk yang membawa sepeda motor akan ditempatkan di bagian timur Terminal Giwangan sehingga proses bongkar dan pengambilan sepeda motor tidak mengganggu pelaksanaan Angkutan Lebaran di terminal tersebut.

Kuota mudik gratis tujuan Jogja mengalami peningkatan lebih dari 100 persen dibanding tahun sebelumnya.

Pada 2013, Kementerian Perhubungan menyediakan tiga truk untuk mengangkut 210 sepeda motor dan sembilan bus yang mengangkut 379 penumpang. Sedangkan pada 2014 ditambha menjadi delapan truk yang bisa mengangkut 400 sepeda motor dan 16 bus untuk sekitar 800 penumpang.

“Minat pemudik untuk memanfaatkan program tersebut diperkirakan akan tinggi, karena bus yang disiapkan adalah bus VIP serta seluruh sepeda motor diturunkan di Terminal Giwangan. Tidak seperti tahun lalu, ada sepeda motor yang diturunkan di Jogja Expo Center (JEC),” tuturnya.

Pemudik yang ingin memanfaatkan program tersebut dapat mendaftar mulai 1 Juli di berbagai lokasi di Jakarta dan Jawa Barat seperti Kantor Kementerian Perhubungan, Dinas Perhubungan Kota Bekasi, Tangerang Selatan, Kota Tangerang dan Kota Depok.

“Rencananya, pemudik akan diberangkatkan secara bersama-sama dari Monas pada 24 Juli. Sedangkan untuk truk yang mengangkut sepeda motor diberangkatkan lebih dulu pada 23 Juli,” ujarnya.

Diperkirakan, truk dan bus akan tiba di Terminal Giwangan pada 25 Juli. “Harapannya, tidak ada keterlambatan kedatangan, sehingga pelayanan bisa dilakukan dengan maksimal,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya