SOLOPOS.COM - Ilustrasi pemudik dengan angkutan bus (JIBI/Bisnis/Dok.)

Solopos.com, WONOGIRI–Jumlah pemudik yang pulang kampung ke Wonogiri diprediksi meningkat sekitar lima persen dibanding tahun lalu. Jumlah pemudik pada Lebaran tahun lalu sebanyak 35.816 orang sementara tahun ini diperkirakan sebanyak 37.606 orang.

Kasi Angkutan Dishubkominfo Wonogiri, Suyatno, mengatakan jumlah pemudik yang kembali ke perantauan diperkirakan juga meningkat. Tahun ini diperkirakan mencapai 38.763 orang sebelumnya mencapai 36.923 orang. Peningkatan jumlah pemudik lantaran dipengaruhi masa libur Lebaran. “Diperkirakan jumlah pemudik meningkat sekitar lima persen dibanding Lebaran tahun lalu. Para pelajar dan pegawai kantor akan libur panjang saat Lebaran,” katanya saat ditemui wartawan di kantornya, Selasa (15/7/2014).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Mayoritas pemudik di Jakarta dan sekitarnya pulang kampung menggunakan bus. Sebagian lainnya memilih menggunakan kereta api dan kendaraan pribadi. Tahun ini, ratusan pemudik yang menggunakan sepeda motor akan mengikuti mudik gratis.

Pihaknya memrediksi puncak arus mudik Lebaran terjadi pada H-1 atau pada Minggu (27/7/2014). Pasalnya, para pelajar dan pegawai kantor telah libur Lebaran. “Seperti tahun lalu, diperkirakan puncak arus mudik Lebaran terjadi pada H-1. Pegawai kantor dan pelajar sudah libur Lebaran,” papar dia.

Biasanya, para pemudik akan membawa anggota keluarga atau tetangga rumahnya saat kembali ke perantauan. Hal ini memengaruhi jumlah pemudik saat arus balik Lebaran.

Lebih jauh, Suyatno menambahkan Dishubkominfo bakal memasang rambu-rambu lalu lintas di sepanjang jalur mudik dan balik Lebaran. Langkah ini dilakukan untuk memudahkan para pemudik saat berada di jalan raya. “Rambu-rambu lalu lintas itu berupa papan penunjuk arah untuk memudahkan para pemudik.”

Berdasarkan data Dishubkominfo Wonogiri, jumlah bus antar kota antar propinsi (AKAP) sebanyak 563 unit, antar kota dalam propinsi (AKDP) 189 unit, angkuta kota 85 unit dan angkuta desa 607 unit.

Di sisi lain, Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Wonogiri, Ismiyanto, menyatakan pihaknya akan melaksanakan tes urine bagi para awak bus saat arus mudik Lebaran. Pihaknya akan menggandeng Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Wonogiri saat pelaksanaan tes urine tersebut. Hal ini dilakukan untuk menjamin keselamatan para penumpang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya