SOLOPOS.COM - Harian Jogja/Gigih M. Hanafi Pekerja merapikan jalan dengan aspal jenis cair di Jalan ring road timur, Bantul, Selasa (31/7). Perbaikan jalan yang menjadi sala satu jalur mudik tersebut diwajibkan selesai H-10, jika tidak selesai dapat mengakibatkan kemacetan pada saat mudik lebaran mendatang.

Harianjogja.com, BANTUL – Pemerintah Kabupaten Bantul menyiapkan dua jalur utama mudik Lebaran 2014. Tahun ini, diprediksi jumlah pemudik DIY akan menembus 1,5 juta orang. Dua jalur mudik yang melalui Bantul diharapkan bebas dari kemacetan, diimbangi sarana fisik jalan yang sudah cukup memadai.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Bantul Suwito mengatakan sudah berkoordinasi baik dengan Pemerintah DIY untuk membahas berbagai persiapan menyambut arus mudik Lebaran. Koordinasi lintas daerah Bantul dengan Kulonprogo juga telah dilakukan untuk mengoptimalkan jalur selatan untuk mengurangi kemacetan di jalur utara DIY.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Kami optimalkan jalur mudik selatan DIY seperti jalur Toyan-Srandakan agar angkutan mudik tidak menumpuk di jalur utara. Jalur selatan sarana fisik jalannya sudah sangat memadai,” kata Suwito kepada Harianjogja.com, Selasa (15/7/2014).

Diakui Suwito, memang dari waktu tempuh, jalur selatan akan bertambah panjang karena memutar. Adapun jalur selatan Toyan-Srandakan, ke arah timur akan menghubungkan sejumlah jalan protokol seperti Jalan Bantul, Jalan Parangtritis dan Jalan Imogiri. Akses jalan ini juga dapat digunakan untuk pemudik tujuan Dlingo dan Gunungkidul serta Wonogiri.

Jalur utama pemudik dari Jabodetabek akan melintas jalur utara yakni Sedayu. Rencananya akan dipecah ke arah jalur Pajangan. Menurut Suwito, tidak harus seluruh angkutan mudik masuk jalur Ringroad karena hal itu justru akan menambah kemacetan.

“Jalur Sedayu-Pajangan ini mempertemukan dengan jalur mudik dari arah Srandakan. Dan saya pastikan jalur selatan ini akan lebih nyaman dengan tingkat kepadatan tidak seperti jalur utara,” imbuh Wasito.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya