SOLOPOS.COM - Ilustrasi Pemeriksaan Kesehatan (JIBI/dok)

Harianjogja.com, BANTUL- Sejumlah posko kesehatan yang disiapkan Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, di wilayah itu dalam rangka menghadapi arus mudik dan balik Lebaran 2014 dimanfaatkan pemudik untuk konsultasi kesehatan.

Petugas jaga di Posko Kesehatan Srandakan, Bantul, Rahmat, mengatakan banyak pemudik terutama yang berasal dari luar daerah yang berkunjung ke posko, yang mayoritas berkonsultasi tentang kondisi kesehatannya, termasuk fasilitas obat-obatan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Ada yang sekadar beristirahat, namun ada yang menyempatkan diri untuk memeriksakan kondisi kesehatan dengan cara tensi, sebagian besar tensi mereka rendah, kemungkinan karena kelelahan dalam perjalanan,” katanya, Rabu (30/7/2014).

Ekspedisi Mudik 2024

Kepada para pengemudi yang kelelahan tersebut, kata dia, disarankan agar beristirahat terlebih dahulu selama beberapa saat sebelum melanjutkan perjalanan untuk mencegah kecelakaan atau kejadian tidak diinginkan.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Sedayu I, Karmijono mengatakan, sebagai fasilitas kesehatan yang berada di jalur utama, sesuai instruksi Dinas Kesehatan Bantul, pihaknya menyiagakan beberapa dokter selama 24 jam secara bergiliran yang telah ditentukan sebelumnya.

“Di puskesmas kami juga terdapat fasilitas rawat inap yang siap siaga jika terjadi kecelakaan lalu lintas selama arus mudik maupun balik atau kejadian luar biasa,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya