SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Dok/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SRAGEN–Puluhan petugas perlindungan masyarakat (Linmas) bakal disiagakan selama musim mudik Lebaran tahun ini. Mereka bakal bersiaga di perlintasan kereta api (KA) tanpa palang selama 24 jam.

Kepala Kesbangpolinmas Sragen, Giyadi, menjelaskan berdasarkan hasil pantauan setidaknya terdapat 23 titik perlintasan KA di Bumi Sukowati yang tak berpalang pintu. Guna mengantisipasi lonjakan warga serta menjamin keamanan mereka ketika melewati perlintasan KA tanpa palang itu, pihaknya menyiagakan 46 petugas Linmas di seluruh titik tersebut. “Kami sudah persiapkan personel untuk menjaga perlintasan KA tanpa palang masing-masing titik ada dua personel,” ungkap dia saat berbincang dengan solopos.com di Sragen, Selasa (15/7/2014).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Giyadi menuturkan para personel Linmas tersebut bakal bertugas pada H-4 Lebaran hingga H+4 Lebaran. Dia menegaskan 23 titik perlintasan KA tanpa palang tersebut sudah mencakup sebagian besar perlintasan di Bumi Sukowati.

“Kegiatan ini kami rutin lakukan setiap Lebaran. Untuk perlintasan yang dijaga sudah mencakup dari wilayah barat sampai timur Sragen,” tegas dia.

Lebih lanjut, Giyadi menerangkan para Linmas tersebut bakal bertugas selama 24 jam. Ditambahkannya, petugas Linmas berasal dari desa yagn berdekatan dengan perlintasan KA tak berpalang. “Kami sudah edarkan surat ke masing-masing kepala desa untuk menyiapkan dua petugas Linmas yang disiagakan berjaga,” ungkapnya.

Pada bagian lain, Giyadi menerangkan pihaknya juga mengerahkan sejumlah petugas Linmas yang bakal ditempatkan di sejumlah posko terpadu. “Setidaknya petugas Linmas kami bagi tiga shift berjaga di posko terpadu selama arus mudik Lebaran. Untuk titiknya tertentu seperti di depan pemkab serta kecamatan contohnya Kecamatan Sambungmacan,” urai dia.

Sebelumnya, Kepala Dishubkominfo Sragen, Heru Martono, menjelaskan perlintasan KA tak berpalang pintu menjadi salah satu perhatian dalam penyelenggaraan mudik Lebaran. Disampaikannya, terdapat dua jalur KA yang melintas di Bumi Sukowati yakni jalur menghubungkan Solo dengan Jatim serta Solo dengan Semarang.
Berdasarkan catatan Dishubkominfo Sragen, jumlah perlintasan KA di Sragen tercatat 50 titik. Dari jumlah itu, 14 perlintasan dijaga petugas sementara 36 perlitasan KA tidak dijaga dan tidak berpalang pintu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya