SOLOPOS.COM - JIBI/Harian Jogja/Bisnis Indonesia Ilustrasi

JIBI/Harian Jogja/Bisnis Indonesia
Ilustrasi

Harian Jogja.com, KULONPROGO – UPT Resor Sintelis 61 Wates, Kulonprogo mengintensifkan perbaikan rel dan wesel di sepanjang perlintasan kereta api di wilayah setempat menjelang Lebaran 2013.

Promosi Uniknya Piala Asia 1964: Israel Juara lalu Didepak Keluar dari AFC

Kepala UPT Resor Sintelis 61 Wates Tommy Christianto mengatakan perbaikan meliputi pengecekan ukuran rel, pemberian minyak agar tidak aus, serta perbaikan motor penggerak wesel.

“Perbaikan wesel rutin setiap dua minggu sekali. Tetapi menjelang arus mudik ini, kami meningkatkan frekuensi pengecekan. Sebab, volume kereta api akan mengalami peningkatan,” katanya, Rabu (24/7/2013).

Ia mengatakan di sepanjang perlintasan rel kereta api di wilayah Stasiun Wates Kulonprogo terdapat sembilan wesel.

“Wesel merupakan konstruksi rel kereta api yang bercabang, sebagai tempat memindahkan jurusan jalan, atau beloknya kereta api, terutama saat hendak memasuki atau keluar dari stasiun,” katanya.

Menurut dia, pengecekan dan perbaikan wesel adalah upaya menjamin keamanan perjalanan kereta api. Hal ini sangat penting dilakukan, mengingat wesel merupakan tempat rawan pada prasarana kereta api.

“Kecelakaan kereta api yang anjlok, biasanya terjadi karena wesel tidak berfungsi dengan baik akibat keausan pisau wesel, motor penggerak wesel tidak bekerja sempurna, atau terganjal oleh benda asing,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya