MUDIK LEBARAN 2013 : Kelengkapan Ambulans Belum Terpenuhi

 Tim dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Klaten memeriksa ambulans di kompleks Setda Pemkab Klaten, Rabu (31/7/2013). Sejumlah ambulans belum terpenuhi kelengkapannya. (Moh Khodiq Duhri/JIBI/Solopos)

SOLOPOS.COM - Tim dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Klaten memeriksa ambulans di kompleks Setda Pemkab Klaten, Rabu (31/7/2013). Sejumlah ambulans belum terpenuhi kelengkapannya. (Moh Khodiq Duhri/JIBI/Solopos)

 Tim dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Klaten memeriksa ambulans di kompleks Setda Pemkab Klaten, Rabu (31/7/2013). Sejumlah ambulans belum terpenuhi kelengkapannya. (Moh Khodiq Duhri/JIBI/Solopos)


Tim dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Klaten memeriksa ambulans di kompleks Setda Pemkab Klaten, Rabu (31/7/2013). Sejumlah ambulans belum terpenuhi kelengkapannya. (Moh Khodiq Duhri/JIBI/Solopos)

PromosiWHO: Jutaan Orang Meninggal Akibat "Dapur Ngebul"

Solopos.com, KLATEN — Dinas Kesehatan Klaten menemukan beberapa unit ambulans yang belum terpenuhi kelengkapannya. Selain tidak dilengkapi dragbar, ambulans tersebut juga tidak memiliki tabung oksigen, perlengkapan pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K) hingga sirine mati.

Hal itu terungkap dalam apel ambulans di kompleks Setda Pemkab Klaten, Rabu (31/7/2013). Sekitar 60 ambulans diperiksa satu persatu oleh tim yang dipimpin Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Klaten, Ronny Roekmito.

Saat ditemui wartawan di lokasi, Ronny menjelaskan, pemeriksaan ambulans itu meliputi cek mesin, perlengkapan P3K, radio, dragbar, tabung oksigen, sirine, pengeras suara dan lain-lain. Menurutnya, dari 60-an ambulans yang diperiksa, 80% di antaranya kelengkapannya sudah terpenuhi.

“Kegiatan ini digelar untuk memastikan kondisi ambulans itu siap dipakai jika sewaktu-waktu diperlukan,” jelas Ronny.

Contoh ambulans yang kelengkapannya belum terpenuhi antara lain berasal dari Puskesmas Karanganom yang mengalami kerusakan pada sirine. Selain itu, petugas juga tidak mendapati dragbar, perlengkapan P3K dan tabung oksigen. Ambulans Puskesmas Kemalang tidak terdapat dragbar karena rusak saat digunakan mengevakuasi korban erupsi Gunung Merapi pada 2010 silam. Sementara ambulans dari Puskesmas Kebondalem Lor tidak dilengkapi pengeras suara.

“Kami menghargai partisipasi dari puskesmas, rumah sakit dan klinik kesehatan swasta yang mengirimkan ambulans. Namun untuk ambulans yang tidak lengkap, harap segera dilengkapi. Kami memberi waktu 1-2 hari untuk melengkapinya. Kami tidak ingin ketika akan dipakai kelengkapan itu malah tidak siap,” terang Ronny.

Ronny menjelaskan ambulans-ambulans tersebut akan disiagakan mulai Kamis hingga Senin (1-15/8/2013).

Parkir ambulans tersebut dipusatkan di kompleks Setda Pemkab Klaten. Nantinya, ambulans-ambulans itu akan disiagakan di lima posko yang dibangun Dinas Perhubungan (Dishub) Klaten yang tersebar di jalan Jogja-Solo. Lima posko tersebut masing-masing berada di Prambanan, Stasiun Klaten, eks Terminal Jonggrangan, Subterminal Penggung dan Subterminal Delanggu. Masing-masing posko akan disiagakan tiga petugas masing-masing satu dokter, satu paramedis dan satu sopir.

Seorang paramedis yang bertugas di Puskesmas Kemalang, Agus, mengatakan dragbar yang mereka miliki telah rusak sejak awal 2011 lalu. Menurutnya, kerusakan tersebut akibat tingginya intensitas penggunaan saat terjadi erupsi Gunung Merapi 2010 silam.

“Kami sebenarnya telah mengusulkan dragbar baru ke Dinkes Klaten, namun sampai sekarang belum terealisasi,” paparnya.

Moh Khodiq Duhri/JIBI/Solopos

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Data dan Fakta Risiko Bencana Jakarta dan Kaltim

+ PLUS Data dan Fakta Risiko Bencana Jakarta dan Kaltim

Pulau Jawa memiliki paparan risiko bencana tinggi dibanding pulau lain, namun indeks risiko bencana lebuh tinggi dimiliki Kalimantan Timur dibanding DKI Jakarta.

Berita Terkini

Para Perempuan yang Bekerja Tanpa Pengaman

Kenapa pelecehan seksual dan pemerkosaan belum dipandang sebagai salah satu bentuk kecelakaan kerja?

Yusuf Mansur Doakan Semua Orang yang Mengkritik Dirinya

Yusuf Mansur bahkan mendoakan semua orang yang mengkritik dirinya agar diberi panjang umur dan kebaikan.

Bawa Kabur Pikap dan Jahe, Pasutri Asal Cepogo Boyolali Dibekuk Polisi

Awalnya pasutri pencuri jahe tersebut akan bertemu dengan warga Ponorogo penjual jahe di Sunggingan, Boyolali, namun kemudian berpindah ke Madu, Mojosongo.

Jadwal Bioskop XXI Hari Ini (28/1/2022): Banyak Film Baru Nan Seru Hlo

Berikut ini jadwal bioskop XXI hari ini, Jumat, 28 Januari 2022 di Kota Solo dan beberapa kota lainnya. Apa saja film yang tayang?

Solopos Hari Ini: Desakan Evaluasi PTM Menguat

Lonjakan kembali kasus Covid-19 beberapa hari terakhir memperkuat desakan agar pemerintah meninjau ulang kebijakan pembelajaran tatap muka (PTM).

Doa Saat Kaki Mengalami Kesemutan atau Kram Menurut Ajaran Islam

Berikut ini terdapat doa saat kaki mengalami kesemutan atau kram menurut ajaran Islam yang dijelaskan Nahdlatul Ulama (NU Online).

Miliader Kini Bangkrut, Warga Tuban Tak Dibekali Cara Mengelola Uang?

Sempat menjadi 'crazy rich', warga Tuban kini dikabarkan bangkrut karena dana hasil ganti untung pembebasan lahan yang akan digunakan untuk proyek Grass Root Refinery (GRR) Tuban telah habis.

Lirik Lagu Satru 2 - Denny Caknan

Berikut ini lirik lagu Satru 2 dari Denny Caknan, yang telah tayang pada Kamis, 27 Januari 2022 di Youtube dan ditonton lebih dari 700.000 kali.

Salim Said Nilai Mega Tak Tulus Dukung Jokowi

Salim menilai Megawati mendukung Jokowi karena tidak ada pilihan lain mengingat elektabilitas politikus asal Solo itu pada 2014 tak terbendung.

Eksklusif! Gibran Buka-Bukaan, Siap Jadi Sales demi Kota Solo

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka buka-bukaan mengenai rencana-rencananya dalam wawancara eksklusif dengan Presiden Direktur SMG, Arif Budisusilo.

Pendidikan Sangat Penting untuk Bekal Memasuki Era Metaverse

Metaverse adalah teknologi penyedia peluang-peluang baru sekaligus mengandung ancaman-ancaman baru. Butuh ketangguhan kepribadian memasuki era teknologi ini agar inovatif dan tak diperbudak.

RSI Surakarta Resmi Luncurkan Layanan BPJS Kesehatan

Adanya layanan BPJS Kesehatan ini bisa meningkatkan pelayanan kepada seluruh pasien RSI Surakarta sesuai prosedur pelayanan yang berlaku.

Sejarah Hari Ini: 28 Januari 1871 Pengepungan Paris Berakhir

Berbagai peristiwa penting dan bersejarah yang patut dikenang terjadi di berbagai penjuru dunia dari tahun ke tahun pada 28 Januari.

Jokowi Dorong G20 dan B20 Aktif di Pemulihan Ekonomi Global

Presiden mengatakan Covid-19 mengajarkan pada semua pihak bahwa pandemi bukan hanya menjadi masalah namun sekaligus menjadi peluang untuk tumbuh lebih baik.

2 Perempuan Diduga Pelaku Prostusi Online Ditangkap di Indekos Solo

Tim gabungan menangkap dua orang perempuan yang diduga pelaku prostitusi online saat tengah berdua-duaan dengan laki-laki di kamar indekos wilayah Serengan, Solo.