SOLOPOS.COM - JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto Ilustrasi

JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto
Ilustrasi

Harianjogja.com, JOGJA–Pemudik yang kebingungan mencari tempat parkir dekat dengan lokasi pertokoan Malioboro dapat memanfaatkan lahan parkir di halaman Bekas Bioskop Indra.
Lokasi parkir itu letaknya berada di depan Pasar Beringharjo.  Warga sekitar tak hanya membuka parkir di halaman bioskop. Bangunan di sekitar bioskop yang tadinya digunakan untuk Rumah Makan Cirebon juga dimanfaatkan sebagai tempat parkir sepeda motor. Setidaknya tempat itu dapat menampung 30-50 mobil dan 200 motor.
Namun pengendara perlu hati- hati dan kritis karena tarif parkir di lokasi itu hari ini dua kali lipat lebih mahal meskipun mereka menggunan karcis parkir yang diterbitkan oleh Pemerintah Kota Jogja. Untuk motor Rp2.000, sedangkan mobil bisa sampai Rp4000.
Padahal, sesuai Perda No5/2012 tentang Retribusi Jasa Umum yang tertuang dalam karcis itu dijelaskan tarif parkir tepi jalan Rp1.000 untuk motor dan Rp2.000 untuk mobil.
Kepala Bagian Tata Usaha UPT Malioboro Ari Suryani mengatakan, terus memantau tarif parkir di Malioboro. Pekan ini tujuh jukir telah diamankan. Dua jukir di antaranya kasusnya diteruskan ke pengadilan 15 Agustus 2013. “Warga yang mengetahui adanya pelanggaran silakan melaporkan ke UPT atau menghubungi nomo 555647,” ungkapnya.
Tempat parkir lain yang berada di dekat pertokoan adalah lokasi parkir di halaman Dinas Pariwisata DIY. Letaknya menjadi satu dengan kantor UPT Malioboro, sebelum gedung DPRD DIY.
Kendati demikian seluruh kapasitas parkir itu terbatas. Kepadatan Malioboro di atas pukul 19.00 WIB dapat menjadi acuan untuk tidak memaksa parkir di lokasi yang dekat dengan pertokoan.
Pengendara dapat memarkirnya di Taman Parkir Abu Bakar Ali, depan gedung Bank Indonesia atau di halaman bekas gedung UPN, barat Melia Purosani. Pengendara dapat mengaksesnya melalui Jalan Suryatmajan (utara Melia). Jalan yang biasanya satu arah itu untuk Lebaran kali ini dibuka untuk dua arah.

Promosi Timnas Garuda Luar Biasa! Tunggu Kami di Piala Asia 2027

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya