SOLOPOS.COM - Ilustrasi Puskesmas (Dok/JIBI/Solopos)

Ilustrasi Puskesmas (Dok/JIBI/Solopos)

Ilustrasi Puskesmas (Dok/JIBI/Solopos)

Solopos.com, KARANGANYAR — Sebanyak 24 pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) di Karanganyar disiagakan menjelang Lebaran 2013.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Puskesmas yang disiagakan tersebut terdiri dari 18 Puskesmas perawatan dan enam rawat inap.  Sementara Puskesmas yang berada di jalur mudik dan balik Lebaran disiagakan selama 24 jam.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Karanganyar, Cucuk Heru Kusumo, kepada Solopos.com, Minggu (28/7/2013) mengatakan pihaknya telah memerintahkan setiap kepala Puskesmas terutama yang berada di jalur mudik agar menyiagakan petugas kesehatan nonstop. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi apabila terjadi hal-hal yang tak diingankan seperti kecelakaan lalu lintas.

“Puskesmas yang disiagakan nonstop hanya yang berada di jalur mudik. Petugas kesehatan bekerja sesuai sif.”

Selain itu, petugas kesehatan juga disiagakan di lima pos pengamanan Lebaran yang berada di jalur mudik. Apabila terdapat para pemudik yang sakit saat menempuh perjalanan bisa segera diobati di pos pengamanan Lebaran. Petugas kesehatan akan segera memeriksa dan mengobati para pemudik yang mengalami sakit.

Pihaknya juga akan berkoordinasi dengan instansi terkait untuk mendirikan posko layanan kesehatan di objek wisata dan terminal bus. “Kami akan berkoordinasi dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Karanganyar untuk mendirikan pos kesehatan,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya