SOLOPOS.COM - K.M. Dobonsolo yang bakal turut melayani pemudik bersepeda motor pada musim mudik Lebaran 2013. (JIBI/Solopos/Antara/Yudhi Mahatma)

K.M. Dobonsolo yang bakal turut melayani pemudik bersepeda motor pada musim mudik Lebaran 2013. (JIBI/Solopos/Antara/Yudhi Mahatma)

K.M. Dobonsolo yang bakal turut melayani pemudik bersepeda motor pada musim mudik Lebaran 2013. (JIBI/Solopos/Antara/Yudhi Mahatma)

Solopos.com, JAKARTA — Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan menyiapkan dua kapal untuk mengangkut para pemudik secara cuma-cuma melalui program Mudik Gratis Dengan Kapal. Kedua kapal itu disiapkan untuk memulangkan pemudik dari ibu kota negara ke Jawa Tengah.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Siaran pers Direktorat Jenderal Perhubungan Laut yang diterima awak media di Jakarta, Rabu (17/7/2013), menyebutkan kedua kapal yang disiapkan pemerintah untuk perantau asal Jawa Tengah di Jakarta itu adalah KM Dobonsolo dan KRI Banda Aceh. Kedua kapal akan melayani rute perjalanan dari Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta ke Pelabuhan Tanjung Emas Semarang.

KM Dobonsolo milik PT Pelni bisa mengangkut 3.400 orang pemudik besereta 1.700 unit sepeda motor mereka. Sedangkan KRI Banda Aceh milik TNI Angkatan Laut dapat mengangkut 1.000 motor dan 2.000 penumpang.

Pemudik yang ingin memanfaatkan layanan mudik gratis tersebut bisa mendaftarkan diri melalui Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok Jakarta di Jl Palmas No 1 Pelabuhan Tanjung Priok, Kantor Pusat Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan, Kantor PT Pelni dan agennya, serta Kantor Kolinlamil untuk anggota TNI. Pendaftar wajib membawa fotokopi surat tanda nomor kendaraan (STNK) serta fotokopi identitas diri yang masih berlaku.

Program mudik gratis dengan kapal itu diharapkan bisa mengurangi beban jalan raya darat di sepanjang jalur pantai utara (Pantura) Pulau Jawa selama musim arus mudik dan balik Lebaran tahun ini. Pemerintah tampak getol mengurangi jumlah pengendara sepeda motor pada musim mudik Lebaran 2013.

Sebelumnya, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan dikabarkan menawarkan angkutan gratis bagi para pemudik bersepeda motor dengan tujuan Solo dan Purwokerto dengan bus dan juga layanan pengangkutan sepeda motor gratis bagi pemudik dengan truk ke 12 tujuan mudik. Di sisi lain, Direktorat Jenderal Perkeretaapian menawarkan mudik gratis angkutan sepeda motor dengan kereta api.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya