Ilustrasi Jurug Solo Zoo (Instagram-@jurugsolozoo)

Solopos.com, SOLO – Sugeng rawuh wonten kutha Sala. Anda yang berada di perantauan tentu rindu dengan Kota Solo kan? Kota Solo memiliki sejuta pesona yang selalu dirindukan. Kini, Kota Solo tercinta berbenah semakin cantik dengan sederet objek wisata kekinian.

Bagi Anda yang masih bingung menentukan destinasi wisata Solo untuk dikunjungi saat libur Lebaran 2019, tidak ada salahnya mempertimbangkan rekomendasi spesial Solopos.com, berikut:

Keraton Kasunanan

Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat menjadi objek wisata paling terkenal di Kota Solo. Di sana, Anda bisa berjalan-jalan sekaligus belajar tentang sejarah Kota Solo.

>

Pura Mangkunegaran

Pura Mangkunegaran tak kalah terkenal dengan Keraton Kasunanan Surakarta. Tempat ini merupakan istana Kadipaten Praja Mangkunegaran beserta para penguasanya. Selain menyuguhkan pendopo besar dengan arsitektur Jawa, kemegahaan Pura Mangkunegaran dilengkapi dengan taman cantik yang ditumbuhi pohon-pohon berbunga dan semak-semak hias.

Taman di dalam Pura Mangkunegaraan ini pun merupakan cagar alam, dimana terdapat juga sangkar burung hingga patung-patung klasik bergaya Eropa serta air mancur yang memberkan suasana tenang dan alami.

Museum Keris

Museum Keris merupakan objek wisata baru di Kota Solo. Museum ini diresmikan Presiden Joko Widodo pada 9 Agustus 2017. Pengunjung bisa melihat ratusan koleksi keris dan senjata tradisional dari berbagai daerah di Indonesia.

Kampung Batik

Kota Solo terkenal dengan kain batiknya yang khas. Ada dua kampung batik tersohor di Solo, yakni di kawasan Laweyan dan Kauman. Kedua tempat tersebut merupakan sentra industri batik yang sengaja dijadikan destinasi wisata. Anda bisa melihat dan mencoba langsung cara membatik dengan ahlinya.

Jurug Solo Zoo

Bagi yang ingin mengajak anak lebih dekat dengan alam bisa mengunjungi Jurug Solo Zoo alias Taman Satwa Taru Jurug. Kebun binatang ini punya puluhan koleksi hewan unik. Kini, Jurug Solo Zoo juga dilengkapi dengan beragam wahana permainan lain yang membuatnya semakin menarik.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten