SOLOPOS.COM - Seorang pemudik tiba di Pelabuhan Tanjung Emas, Kota Semarang, Rabu (27/4/2022). (Solopos.com-Dickri Tifani Badi)

Solopos.com, SEMARANG — Sebanyak 413 pemudik tiba di Pelabuhan Tanjung Emas, Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), Rabu (27/4/2022) pagi. Mereka pulang ke kampung halamannya dengan mengikuti program mudik gratis menggunakan kapal laut yang diselenggarakan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan PT Pelni.

Ratusan pemudik itu tiba di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang dengan menggunakan kapal laut KM Dobonsolo yang diberangkatkan dari Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta. Selain mengangku ratusan pemudik, kapal laut itu juga membawa 197 sepeda motor milik pemudik.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kepala Kantor Kesyahbandaran Otoritas Pelabuhan (KSOP) Tanjung Emas, Tri Jotho, mengatakan para pemudik ini menempuh perjalanan sekitar 14 jam dari Pelabuhan Tanjung Priok ke Pelabuhan Tanjung Emas. Rencana, setelah dari Tanjung Emas, KM Dobonsolo akan membawa pemudik menuju ke Pelabuhan Tanjung Perak di Surabaya.

“Perjalanannya kurang lebih sekitar 14 jam. Mereka tadi sampai di sini sekitar pukul 06.00 WIB,” ujar Tri Jotho saat dijumpai wartawan di Pelabuhan Tanjung Emas, Rabu pagi.

Tri Jotho mengatakan program mudik gratis dengan kapal ini mendapat antusiasme tinggi dari warga Jateng yang berada di perantauan. Total ada sekitar 628 warga dengan 284 sepeda motor yang mendaftar pada program mudik gratis dengan kapal ini. Meski demikian, hanya sekitar 413 orang dengan 197 sepeda motor yang bisa terakomodasi.

Baca juga: Diangkut KM Dobonsolo, Peserta Mudik Gratis PT Pelni Tiba di Semarang

“Yang daftar banyak, tapi saat pendataan di kapal yang ikut naik hanya 413 penumpang dan 197 sepeda motor,” terangnya.

Dua Kali

Program mudik gratis dengan kapal laut ke Jateng ini dilaksanakan dalam dua kali keberangkatan. Keberangkatan pertama dilaksanakan pada Selasa (26/4/2022) dan tiba di Semarang, Rabu. Sedangkan keberangkatan yang kedua digelar Jumat (29/4/2022), dengan estimasi kedatangan pada Sabtu (30/4/2022).

“Tadi perjalanannya juga tidak ada kendala. Cuaca cerah sesuai perkiraan BMKG,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Cabang PT Pelni Semarang, Indra Maulana, mengatakan ada dua kapal yang disiapkan untuk mengangkut pemudik ke Jateng. Kedua kapal itu yakni KM Dobonsolo dan KM Cermai. Program ini tidak hanya untuk memfasilitasi warga yang ingin mudik, tapi juga pada arus balik nanti.

“Untuk arus balik akan diselenggarakan pada 10 Mei dan 12 Mei nanti,” jelasnya.

Baca juga: Selain Bus, Pemprov Jateng Juga Gelar Mudik Gratis dengan Kereta Api

Indra berharap dengan program mudik gratis dengan kapal ini bisa mengurangi angka kepadatan lalu lintas saat mudik Lebaran 2022. Selain itu, program ini diharapkan bisa mengurangi risiko kecelakaan lalu lintas, terutama bagi pemudik yang menggunakan sepeda motor.

“Selain itu, program ini juga bisa menghemat biaya,” jelasnya.

Selama berada di kapal, para pemudik juga bisa merasakan berbagai fasilitas yang disediakan seperti ruangan kamar ber-AC, jatah makan tiga kali, tempat bermain untuk anak-anak, kantin, dan berbagai hiburan lainnya seperti pertunjukan musik dan pemutaran film.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya