SOLOPOS.COM - Lalu lintas di kawasan Tingkir, Kota Salatiga, Jateng, Selasa (20/6/2017). (Facebook.com-Fitri Geulis)

Mudik 2017 di Kota Salatiga diupayakan akan lancar dengan rekayasa lalu lintas di Jl. Tingkir-Suruh.

Semarangpos.com, SALATIGA – Sistem satu arah yang diterapkan di jalur jalan penghung Tingkir Salatiga dan Suruh Kabupaten Semarang diterapkan untuk mengantisipasi kemacetan arus lalu lintas selama musim mudik Lebaran 2017 ini. Namun sistem satu arah yang memprioritaskan kendaraan dari exit tol Tingkir menuju Terminal Tingkir itu tak disambut gembira warga sekitar.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Warga mengaku kebingungan kala sistem satu arah itu diterapkan di jalur jalan Tingkir-Suruh. Dalam grup Facebook Kabar Salatiga, pengguna akun Facebook Fitri Geulis mengabarkan bahwa sistem satu arah telah diterpakan di jalur jalan Tingkir-Suruh.

“Jalan Tingkir-Barukan sudah mulai 1 arah dari pintu tol ke arah Teminal Tingkir. Dalane semprawut. Tetap hati-hati. Jalan mulai padat kendaraan,” tulisnya di dinding grup Facebook Kabar Salatiga, Selasa (20/6/2017). Tak lupa ia juga menyertakan foto suasana lalu lintas di kawasan tersebut.

Kebanyakan warga yang mengaku kerap melintas di kawasan tersebut merasa bingung jika jalur jalan dari Tingkir menuju Suruh harus ditutup demi melancarkan arus mudik menjelang Lebaran 2017. “Lha arah Salatiga ke Suruh lewat jalur mana bug?” tanya pengguna akun Facebook Atika Dewi Pratiwi.

Mesakke sing arah ngetan ke suruh, krg gede. Nak jlne dgawe searah [Kasihan orang yang ingin menuju Suruh dan Karanggede jika jalannya dibuat satu arah],” ungkap pengguna akun Facebook Yahya Toure.

“Kalau rumahe Cengek lewat ngndi kui jiaaan jian po ra mesake,” tulis pengguna akun Facebook Oon Gendut.

Namun seperti dikabarkan Semarangpos.com, pihak Satlantas Polres Salatiga beberapa waktu lalu menyatakan bahwa rekayasa lalu lintas di kawasan Tingkir hanya berupa sistem buka tutup, bukan sepenuhnya sistem satu arah. Para pengguna jalan juga tak perlu bingung jika arus dari Tingkir menuju Suruh ditutup karena pihak Satlantas Polres Salatiga akan akan mengalihkan kendaraan yang menuju Suruh melalui Jl. Senjoyo.

Bukan hanya di Tingkir, Satlantas Polres Salatiga juga akan rekayasa arus lalu lintas di kawasan lainnya demi melancarkan arus mudik menjelang Lebaran 2017.

[Baca juga: Begini Polisi Salatiga Antisipasi Macet di Exit Tol Tingkir]

Beberapa waktu lalu, warganet juga mengkhawatirkan kemacetan lalu lintas di exit tol Tingkir akan mengalami kemacetan parah seperti yang terjadi di tol Brebes Timur yang kerap disebut Brebes Exit atau Brexit pada arus mudik 2016 lalu. Namun dengan rekayasa lalu lintas itu, diharapkan arus mudik menjelang Lebaran 2017 di Kota Salatiga dapat berjalan lancar. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya