SOLOPOS.COM - Helikopter Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri). (JIBI/Solopos/Antara)

Mudik Lebaran 2017 disongsong Polda Jateng dengan mengerahkan 5 helikopter di jalan tol Brebes Timur hingga Gringsing.

Semarangpos.com, SEMARANG — Tragedi pemudik tewas akibat kemacetan di pintu keluar jalan tol Pejagan dan Brebes Timur atau Brebes Exit (Brexit) pada musim mudik Lebaran 2016 boleh saja dibantah, namun pada kenyataannya tak pernah dilupakan. Bahkan, segala daya upaya dikerahkan untuk mencegah terulangnya peristiwa serupa pada musim mudik Lebaran 2017.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

[Baca juga DPRD Jateng Sayangkan Menhub Tak Percaya 12 Pemudik Tewas]

Langkah antisipatif Badan Search and Rescue Nassional (Basarnas) Jawa Tengah mencegah terulangnya kembali musibah yang menyertai kemacetan di masa mudik Lebaran 2016 dengan menyiagakan helikopter di pintu jalan tol Gringsing, Kabupaten Batang bahkan dibuntuti Polda Jateng. Tak mau tanggung-tanggung, Polda mengerahkan lima helikopter.

[Baca juga Basarnas Siagakan Helikopter di Pintu Tol Gringsing]

Kapolda Jateng Irjen Pol. Condro Kirono di Kota Semarang, Minggu (18/6/2017), menyebutkan kelima unit helikopter itu bakal ia siagakan selama musim mudik Lebaran 2017 di jalur jalan tol fungsional ruas Brebes Timur hingga Gringsing, Kabupaten Kendal. “Untuk kebutuhan kalau ada evakuasi darurat di ruas tol fungsional,” kata Condro Kirono.

Kepadatan arus kendaraan yang melintas di 110 km jalur jalan tol fungsional musim mudik Lebaran 2017 tersebut diperkirakan cukup tinggi. Oleh karena itu, tuturnya, para pemudik perlu menyiapkan diri dengan baik. Ia mengimbau kendaraan yang akan digunakan untuk mudik melalui ruas jalan tol itu mengisi penuh bahan bakar sebelum masuk. Meski demikian, lanjut dia, PT Pertamina juga telah menyiapkan penjualan BBM di ruas tol tersebut untuk mengantisipasi kebutuhan pemudik.

Kapolda Jateng juga mengimbau pemudik membawa bekal air minum yang cukup sebelum memasuki 110 km jalur jalan tol fungsional musim mudik Lebaran 2017 tersebut. “Ruas tol mulai Palimanan hingga Gringsing cuacanya diperkirakan akan cukup panas. Oleh karena itu pemudik harus sedia air minum yang cukup,” tuturnya.

Di sepanjang ruas jalan tol tersebut, sambung dia, akan disiapkan delapan rest area. Satu dari delapan kawasan peristirahatan utu, disebutnya sudah permanen, sedangkan tujuh lainnya masih darurat. Nantinya, lanjut dia, pemudik yang melalui jalan tol fungsional musim mudik Lebaran 2017 tersebut hanya diizinkan berhenti beristirahat di rest area yang telah disediakan demi menjaga kelancaran arus lalu lintas kendaraan.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya