SOLOPOS.COM - Areal pembangunan jembatan untuk jalan tol Batang-Semarang di Kandeman, Batang, Jawa Tengah, Sabtu (27/5/2017). (JIBI/Solopos/Antara/Hafidz Mubarak A.)

Mudik Lebaran 2017 bisa memanfaatkan jalur jalan tol Batang-Semarang yang difungsikan sebagai jalur alternatif kala jalur utama macet.

Semarangpos.com, BATANG — Jalur jalan tol Batang-Semarang yang belum rampung dibangun difungsikan sebagai jalur alternatif kala jalur utama macet pada musim mudik Lebaran 2017. Pemudik yang sempat berkendara yang melalui lokasi pembangunan jalan bebas hambatan itu mengaku terbantu karena tidak harys terjebak kemacetan di jalur pantai utara (pantura) Pulau Jawa.

Promosi Apresiasi dan Berdayakan AgenBRILink, BRI Bagikan Hadiah Mobil serta Emas

Bukan hanya terhindar dari kemacetan, melintasi lokasi pembangunan jalan tol Batang-Semarang itu juga diakui memperpendek jarak tempuh. “Di bukanya jalan tol Batang-Semarang sangat membantu pemudik berkendaraan karena pada Lebaran tahun sebelumnya banyak kendaraan terjebak macet di pantura,” kata pemudik Amir Tohari, 38, di rest area Juragan, Kabupaten Batang, Jawa Tengah (Jateng), Selasa (20/6/2017).

Pemudik asal Salatiga itu mengatakan bahwa dirinya bersama keluarganya mencoba menggunakan jalur jalan tol Pemalang-Batang dan Batang Semarang yang difungsikan sebagai jalur alternatif itu sebagai upaya menghindari kemacetan di jalur pantura. Jalur jalan tol Batang-Semarang, menurut dia, relatif membantu pemudik berkendara dari arah barat (Jakarta) menuju ke timur (Semarang).

“Meski kondisi tol ini masih berdebu dan tanpa pembatas jalan, kami merasa terbantu karena selain menghindari kepadatan arus lalu lintas di jalur pantura juga memperpendek jarak tempuh,” katanya.

Pemudik Edo Sulin mengatakan bahwa jalur fungsional Batang-Semarang sudah relatif bagus karena selain sudah dilengkapi rest area juga adanya pelayanan petugas keamanan yang membimbing pemudik saat menemukan kesulitan. “Fasilitas rest area yang disediakan sudah relatif bagus meskipun bersifat sementara. Kami juga sempat istirahat tidur dan menerima keramahan pelayanan petugas keamanan,” katanya.

Kepala Urusan Mitra Subdit Humas Polda Jawa Tengah Kompol Priyono Teguh Widiatmoko menegaskan ruas jalan tol Batang-Semarang sejatinya belum dioperasionalkan, namun bisa difungsional untuk kepentingan pemudik. “Oleh karena itu, masih banyak kekurangan. Kendati demikian, kami akan tetap memberikan pelayanan terbaik bagi pemudik,” katanya.

Ia yang didamping Kepala Subhumas Polres Batang AKP Warsito mengatakan bahwa hingga kini belum ada permasalahan bagi pemudik ketika melintasi jalur jalan tol Pemalang-Batang dan Batang-Semarang. “Fungsi kami sebagai petugas memberikan edukasi kepada masyarakat bagaimana mengamankan kondisi jalur arus mudik agar pemudik bisa lancar, nyaman, aman, dan selamat sampai tujuan,” katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya