SOLOPOS.COM - Ilustrasi petunjuk jalur alternatif (JIBI/Solopos/Antara)

Mudik Lebaran 2017 disongsong Dishub Jateng dengan menambah rambu arah jalur alternatif.

Semarangpos.com, BATANG — Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Tengah menambah rambu penunjuk arah jalan di Jalur alternatif dari Wonotunggual, Pekalongan ke arah Gringsing, Batang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Sebelumnya sudah ada, dan banyak, hanya saja ini penambahan agar memudahkan pilihan bagi pemudik ketika melewati jalur alternatif. Sehingga arah tujuan lebih jelas,” kata Anggota Balai Transportasi Dishub Jateng Andi kepada Kantor Berita Antara di Batang, Jateng, Kamis (22/6/2017).

Berdasarkan pantauan Antara, rambu yang ditambahkan adalah tujuan Semarang, Salatiga, Magelang, Sukorejo, Yogyakarta dan sekitarnya, melalui Wonotunggual. Wonotunggal merupakan jalur jalan provinsi, bukan jalan nasional layaknya jalur jalan pantai utara (pantura) Pulau Jawa.

Jalur Wonotunggal sempit hanya bisa untuk satu mobil pada kedua arah, sehingga harus antre ketika ingin mendahului. Melalui jalan lintas perdesaan. “Kalau sama-sama kondisi normal sebenarnya lebih cepat lewat Pantura, tetapi kalau sudah macet parah atau bosan dengan Pantura bisa lewat jalan provinsi ini,” kata Andi.

Selisihnya sekitar setengah jam dari waktu normal Pantura jarak dari Pekalongan menuju Semarang. Ketika Antara melintasi jalur tersebut, memang jalan cukup untuk dua mobil namun terbagi dengan dua arah, sehingga satu arah cukup satu mobil. Namun pemandangan sepanjang perjalanan, pemudik akan disuguhi panorama alam pegunungan, sungai bebatuan dan bukit baris yang hijau.

Tidak banyak rest area seperti jalur nasional, namun banyak tersedia warung bakso, es di pinggir sawah dan gubuk penjual berbagai jajanan di sebelah sungai yang bening. Beberapa ruas jalan diwarnai banyak tikungan tajam dan tanjakan sehingga kecepatan maksimal disarankan adalah 60 km/jam. Ujung dari jalan ini jika ke arah Semarang adalah bertemu dengan jalur nasional lagi di kawasan Gringsing.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya