SOLOPOS.COM - Terminal Bus Terboyo terlihat lengang karena rob yang merendam pesisir Kota Semarang, Jateng, Jumat (2/6/2017). (JIBI/Solopos/Antara/Aditya Pradana Putra)

Mudik 2017, kondisi Terminal Terboyo hingga H-4 Lebaran masih belum ramai.

Semarangpos.com, SEMARANG – Terminal Terboyo, Kota Semarang, bakal kembali diterjang rob saat musim mudik Lebaran 2017. Limpasan air laut ke daratan itu diprakirakan bakal menghantam Terminal Tipe C Kota Semarang itu pada H+1 Lebaran.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Informasi yang saya peroleh dari BMKG Jateng seperti itu. Katanya, rob diprediksi bakal kembali menerjang Terminal Terboyo sekitar 30 cm,” ujar salah satu petugas Posko Mudik Terminal Terboyo, Ary Hariyadi, saat dijumpai Semarangpos.com di Terminal Tebroyo, Rabu (21/6/2017).

[Baca juga Mudik 2017 Diprakirakan BMKG Diganggu Rob]

Bagi pengelola Terminal Terboyo, diterjang rob bukanlah sesuatu yang baru. Sekitar dua pekan lalu, terminal yang terletak di kawasan Kaligawe, Kota Semarang itu juga dilanda rob setinggi 30 cm.

Terjangan rob itu pun sedikit banyak menggangu aktivitas di terminal itu. Banyak bus yang memilih tidak masuk ke terminal dan menurunkan penumpang di pinggir jalan raya.

Kendati bakal diterjang rob, Ary menilai kondisi itu dipastikan tidak akan mengganggu aktivitas pemudik di Terminal Terboyo. Hal itu dikarenakan selama musim mudik Lebaran 2017 ini, pihak pengelola Terminal Terboyo telah menyiagakan tiga pompa penyedot air.

“Ketiga pompa ini akan kami tempat di beberapa lokasi terminal. Nanti, saat rob datang ketiga pompa ini langsung bekerja menyedot airnya dan membuang ke selokan,” beber pria yang juga menjabat sebagai Kepala Terminal Tipe B Penggaron itu.

[Baca juga Gubernur Jateng Serahkan Tanggung Jawab Penanganan Rob ke Bupati dan Wali Kota]

Sementara itu, disinggung lonjakan pemudik di Terminal Terboyo, hingga H-4 Lebaran, belum menunjukkan peningkatan yang signifikan. Dari data yang diterima Semarangpos.com, pemudik yang datang ke  Terminal Terboyo sejak H-9 Lebaran atau Jumat (16/6/2017) mencapai 17.260 orang. Sementara, pemudik yang berangkat  dari Terminal Terboyo mencapai 20.860 orang.

“Kalau dilihat secara angka jumlah itu belum menunjukkan lonjakan berarti. Mungkin karena tren masyarakat saat ini yang tidak menjadikan bus pilihan utama sebagai sarana transportasi untuk mudik. Meski demikian, pengamanan tetap kami lakukan di Terminal Terboyo. Prediksi kami puncak arus mudik terjadi H-1 atau saat hari H Lebaran,” beber Ary.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya