SOLOPOS.COM - Kepadatan arus lalu lintas di akses ke gerbang jalan tol Tingkir, Kota Salatiga, Jateng, Senin (19/6/2017). (Facebook.com-Novel Yossy)

Mudik Lebaran 2017 tak didukung akses ke exit tol Tingkir yang memadai sehingga dikhawatirkan memicu penumpukan kendaraan.

Semarangpos.com, SALATIGA – Dibukanya jalan tol Semarang-Solo seksi III ruas Bawen-Salatiga diharapkan dapat mengurangi kemacetan arus lalu lintas di jalur jalan utama selama musim mudik Lebaran 2017. Namun khalayak dunia maya (netizen) Kota Salatiga justru khawatir akan ada penumpukan kendaraan di akses menuju exit tol atau pintu jalan tol Tingkir seperti yang terjadi di pintu tol Brebes Timur yang kerap disebut Brebes Exit atau Brexit pada arus mudik tahun 2016 lalu.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kekhawatiran itu mencuat di grup Facebook Kabar Salatiga, Senin (19/6/2017). Pengguna akun Facebook Novel Yossy yang sempat melintas di dekat pintu jalan tol Tingkir, Salatiga mengungkapkan telah terjadi kepadatan arus lalu lintas pada H-6 Lebaran 2017 atau enam hari menjelang Hari Idulfitri 1438 H.

“Baru uji coba tapi macetnya dari pintu keluar ke arah Terminal Tingkir luar biasa. Sebenarnya tidak ada kejadian apa-apa. Hanya sesekali beberapa kendaraan yang berhenti tapi ora minggir. Menyebabkan kendaraan lain ikut berhenti. Bagaimana jika nantinya saat menjelang lebaran? #semogatidaksepertiBrexit,” ungkap pengguna akun Facebook Novel Yossy.

Netizen pun ramai menduga jalur jalan yang menjadi akses menuju exit tol atau pintu jalan tol Tingkir Salatiga akan mengalami kemacetan parah saat mendekati Lebaran 2017. Mereka mengungkapkan sebab kemacetan itu tak lain adalah badan jalan yang sempit.

“Sudah terduga dan ketebak. Pasti jalur Cengek-Tingkir akan macet parah. Lebih-lebih besok pas Lebaran. Bisa sejam mungkin dari exit tol ke Tingkir saja. Jalur yang cenderung sempit (jalur alternatif) tentu penyebabnya. Coba kita lihat H-1 dan H+2 akan jadi seperti apa lalin di sana,” papar pengguna akun Facebook Krisdiyanto Doni.

“Iya pasti, sebelum ada tol aja kalau mendekati Lebaran macetnya sampai Barukan dari Pos Tingkir, apa lagi sekarang exit tol disitu,” timpal pengguna akun Facebook Evania Nur Alivah.

Sebagian netizen lalu menyarankan agar para pemudik yang ingin menuju Kota Solo mengambil rute alternatif ke arah Desa Tegalwaton, Kecamatan Tengaran, Kabupaten Semarang setelah keluar dari jalur jalan tol Semarang-Solo ruas Bawen-Salatiga tersebut. Jalur jalan alternatif itu disarankan agar tak terjadi penumpukan kendaraan di kawasan Tingkir.

“Yang arah Solo lebih baik lewat jalan alternatif Tegalwaton tembus Klero,” ungkap pengguna akun Facebook Puguh Siswanto.

Terlepas dari kekhawatiran exit tol Tingkir akan seperti Brexit pada arus mudik pada 2016 silam, netizen ramai berharap pihak terkait seperti kepolisian selalu bersiaga. Selain untuk menjaga kelacaran arus mudik menjelang Lebaran 2017, netizen berharap pihak kepolisian dapat mengamankan jalur mudik di Kota Salatiga dari tindak kejahatan yang tak diinginkan. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya