SOLOPOS.COM - Ilustrasi kemacetan di kawasan Jatingaleh, Kota Semarang. (JIBI/Solopos/Antara-skyscraperscity.com)

Mudik Lebaran 2017 belum bisa dilakukan dengan melintasi underpass Jatingaleh di Kota Semarang.

Semarangpos.com, SEMARANG — Dinas Perhubungan Kota Semarang memperkirakan pembangunan underpass Jatingaleh baru selesai Juli 2017 sehingga belum bisa dilalui pemudik pada musim mudik Lebaran 2017 ini. “Kami prediksi pembangunan underpass Jatingaleh baru rampung Juli nanti. Sebaiknya hindari underpass Jatingaleh,” kata Sekretaris Dishub Kota Semarang, Triwibowo, di Kota Semarang, Senin (12/6/2017).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Atas kenyataan itu, kata dia, pihaknya sudah menyiapkan jalur-jalur alternatif yang bisa dilalui pemudik, seperti arah Gunungpati dan Sigar Bencah demi menghindari kepadatan di kawasan Jatingaleh. Jalur jalan tol, kata dia, juga bisa menjadi alternatif untuk menyiasati agar terhindar dari kemacetan, tetapi jalur-jalur alternatif juga perlu disiapkan untuk menyambut arus mudik.

Menurut dia, jalan tol juga belum tentu menjamin bebas kemacetan jika semua pemudik memilih melintasi jalur bebas hambatan itu yang membuat arus kendaraan menjadi menumpuk. “Makanya, kami siapkan jalur-jalur alternatif untuk antisipasi. Ya, supaya bisa mengurai kepadatan kendaraan. Kami sedang siapkan agar nyaman dilalui pemudik,” katanya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kota Semarang Agung Budi Margono meminta pusat-pusat kuliner dan oleh-oleh juga mendapatkan perhatian untuk menarik pemudik yang melintas Kota Atlas. Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu mengingatkan Kota Semarang memiliki banyak sekali kuliner yang menarik dan lezat untuk dinikmati sehingga sayang jika dilewatkan.

“Kami berharap pemudik bisa mampir untuk menikmati aneka kuliner lezat dan membelanjakan uangnya di Semarang. Sekalian beristirahat, nikmati indahnya Kota Semarang,” katanya.

Selain itu, Agung meminta pemudik untuk mempersiapkan kendaraannya dalam keadaan prima untuk digunakan saat mudik Lebaran. “Medan di Kota Semarang ini kan ada tanjakan tajam dan turunan. Siapkan kendaraan agar dalam kondisi prima ketika dipergunakan mudik,” katanya.

Dalam waktu dekat, DPRD Kota Semarang akan melakukan koordinasi lintas komisi di legislatif untuk persiapan berbagai aspek dalam menyambut musim mudik Lebaran 2017 ini.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya