SOLOPOS.COM - Ilustrasi pemasangan rambu pengatur arus lalu lintas. (JIBI/Solopos/Dok.)

Mudik Lebaran 2017 diantisipasi Pemkab Batang dengan memasang puluhan rambu lalu lintas.

Semarangpos.com, BATANG — Pemerintah Kabupaten Batang, Jawa Tengah (Jateng) akan memasang puluhan rambu lalu lintas portabel di sejumlah titik rawan macet saat arus mudik dan balik Lebaran 2017.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Batang, Wahyu Budi Santosa di Batang, Kamis (8/7/2017), mengatakan bahwa dengan difungsikannya jalur Tol Pemalang-Batang dan Batang-Semarang maka perlu adanya pemasangan rambu portabel untuk mengantisipasi kemacetan. “Kami sudah siapkan puluhan rambu lalu lintas portabel di titik rawan macet untuk pengamanan menjelang arus mudik dan balik Lebaran 2017,” katanya.

Ekspedisi Mudik 2024

Ia mengatakan pemkab telah mengajukan bantuan untuk penambahan rambu lalu lintas portabel pada pemerintah karena arus mudik dan balik pada tahun ini diperkirakan berbeda jauh dengan tahun sebelumnya. “Jika sebelumnya, jalur pantura tidak ada Tol Pemalang-Batang kini telah difungsikan jalur bebas hambatan tersebut. Oleh karena kami memprediksi akan terjadi kemacetan di di sejumlah titik,” katanya.

Menurut dia, puluhan rambu portabel tersebut akan dipasang di titik yang sudah dipetakan pada H-10 Idulfitri 1438 H. “Rambu portabel ini akan kami pasang pada H-10 Lebaran seperti di Jalan Letjend Suprapto, Mayjen Sutoyo, Yos Sudarso, Jalan Seturi, Sigandu, Ujungnegoro, dan Bakalan Kandeman,” katanya.

Adapun dari arah barat (Jakarta), kata dia, dipasang mulai dari Jl. Raya Simpang Tiga Banyuputih, Simpang Tiga Alun-Alun Limpung, Tersono, Pujud, dan beberapa titik jalan tembus menuju Kota Batang. Selain memasang rambu portabel, kata dia, pemkab juga akan memperbaiki dan penambahan penerangan jalan di sepanjang jalur kabupaten mengingat dari 251 lampu hanya masih berfungsi 243 lampu.

“Penerangan jalan yang padam akan kami perbaiki. selain itu, kami akan tambah pemasangan penerangan jalan di 50 titik sebagai upya memberikan kenyamanan bagi pengendara pada malam hari,” katanya.

Ia mengatakan pada pengamanan Lebaran 2017, pemkab akan menyiagkan 60 personel dan menyediakan alat bantu satu mobil derek dengan daya angkut 6 ton atau mampu menderek mobil jenis kecil. “Kami akan bersinergi dengan indtansi lainnya dalam pengamanan Lebaran 2017. Kami berharap pemudik dapat merasa nyaman, aman, dan tidak ada kendala di jalan,” katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya