SOLOPOS.COM - Helikopter jenis AS365 N3+ Dauphin milik Basarnas. (Okezone.com-Taufik Budi)

Mudik Lebaran 2017 disongsong Basarnas Jateng dengan menyiagakan helikopter di Pintu Jalan Tol Gringsing

Semarangpos.com, SEMARANG — Badan Search and Rescue Nassional (Basarnas) Jawa Tengah (Jateng) sepertinya tak mau kecolongan sehingga berbagai musibah yang menyertai kemacetan di masa mudik Lebaran 2016 terulang kembali. Menyongsong musim mudik Lebaran 2017 mendatang, Basarnas Jateng menyiagakan satu unit helikopter di pintu jalan tol Gringsing, Kabupaten Batang.

Promosi Usaha Endog Lewo Garut Sukses Dongkrak Produksi Berkat BRI KlasterkuHidupku

Penempatan helikopter jenis AS365 N3+ Dauphin itu dimaksudkan sebagai langkah antisipasi hal-hal yang tidak diinginkan selama musim mudik Lebaran 2017 di jalur jalan tol Brebes Timur-Gringsing. Jalur jalan bebas hambatan itu berstatus fungsional khusus masa angkutan mudik 2017 meski belum rampung dibangun.

Kepala Basarnas Jateng Agus Haryono di Kota Semarang, Kamis (15/6/2017), mengatakan, exit Tol Gringsing merupakan salah satu titik yang perlu memperoleh perhatian penting saat musim mudik Lebaran 2017 karena potensi kemacetan yang mungkin terjadi. “Jika terjadi hal-hal yang yang tidak diinginkan, disiagakan satu heli untuk mempercepat evakuasi,” katanya seperti dikutip Kantor Berita Antara.

Selama terjadinya arus mudik dan balik Lebaran 2017, lanjut dia, Basarnas akan akan mengerahkan seluruh sumber daya baik manusia maupun peralatan untuk menjamin keamanan, keselamatan, dan kenyamanan masyarakat yang akan melakukan tradisi mudik. Sebanyak 127 personel disiagakan selama 24 jam dan disebar di seluruh jalur utama mudik.

[Baca juga LEBARAN 2017: Ini Dia Lokasi Rest Area di Jateng]

Posko Siaga SAR, sebagaimana dipublikasikan laman aneka berita Okezone.com, bakal disiagakan di exit Tol Brebes Timur, dan exit Tol Gringsing. Selain posko di ruas tol fungsional musim mudik Lebaran 2017, Basarnas Jateng juga menyiagakan pos SAR di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, serta jalur mudik Solo, Jepara, dan Cilacap.

“Untuk mengantisipasi musibah yang tidak diinginkan, patroli di sepanjang jalur mudik akan dilakukan,” imbuhnya seraya berpesan kepada masyarakat agar menghubungi nomor (024) 115 atau (024) 7629192 ekstensi 0 apabila membutuhkan pelayanan operasi SAR.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya