SOLOPOS.COM - Ilustrasi speed camera. (eyeview-cctv.com)

Mudik Lebaran 2017 dijelang dengan pemasangan lima kamera tambahan closed circuit television (CCTV) di Demak.

Semarangpos.com, DEMAKTitik-titik rawan macet di jalur pantai utara (pantura) Pulau Jawa di wilayah Kabupaten Demak, Jawa Tengah dipantau closed circuit television (CCTV). Setidaknya lima kamera CCTV ditambahkan pemerintah daerah setempat di jalur jalan itu guna memantau arus lalu lintas yang bakal mengalami peningkatan pada musim mudik Lebaran 2017.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kamera-kamera pengintai itu sekaligus untuk menjamin keamanan pemudik dari kecelakaan lalu lintas serta aksi kejahatan. “Dengan kamera CCTV itu, kami bisa langsung memantau arus lalu lintas melalui [layar] monitor di ruang pengendali. Jika terlihat kemacetan atau kecelakaan maka kami akan langsung berkoordinasi dengan polisi,” terang Kepala Dinas Perhubungan Demak, Tri Wahyu Hapsari, sebagaimana dikutip laman aneka berita Okezone.com, Jumat (9/6/2017).

Dia menambahkan, kamera-kamera CCTV itu dipasang di sepanjang jalur pantura wilayah Kabupaten Demak, mulai Sayung hingga Karanganyar. Penempatannya pada pertigaan dan perempatan berlampu pengatur arus lalu lintas, yakni pertigaan SMPN 1 Demak, pertigaan Bogorame, pertigaan Jebor, perempatan Jogoloyo, dan Trengguli.

“Mestinya CCTV dipasang di 12 titik lampu merah yang ada di sepanjang jalur pantura Demak, maupun di jalan provinsi sepanjang Mranggen hingga Karangawen. Namun, karena keterbatasan anggaran, kami hanya bisa memasang di lima titik,” sebutnya.

Selain CCTV, Dishub Demak juga memasang ribuan rambu lalu lintas. Pihaknya akan berkoordinasi dengan polisi dan Satpol PP Demak untuk menyiapkan sejumlah ruas jalan yang akan digunakan untuk jalur alternatif terutama jika terjadi kemacetan.

“Kami sudah pasang rambu-rambu mulai papan petunjuk jalan, [peringatan adanya] daerah lawan laka, termasuk rambu larangan. Nanti ada peta jalur alternatif, juga sudah kami siapkan rambu-rambunya,” lugasnya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya