SOLOPOS.COM - Ilustrasi Stasiun Poncol, Kota Semarang. (Terseram.com)

Mudik Lebaran 2017 diprediksi berpuncak pada H-2 atau dua hari menjelang Idulfiti 1438 H.

Semarangpos.com, SEMARANG — Penumpang kereta api (KA) yang memasuki Stasiun Poncol Semarang, Jawa Tengah, diprediksi memuncak pada H-2 atau dua hari menjelang Lebaran 2017. Pada saat itu, diprediksi tak kurang dari 4.000 orang bakal turun di salah satu stasiun di Kota Semarang tersebut.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Kami perkirakan pada H-2 Lebaran merupakan puncak arus mudik,” kata Kepala Stasiun Poncol Semarang Budi Santoso di Semarang, Selasa (20/6/2017).

Menurut dia, intensitas penumpang sebenarnya sudah meningkat sejak Jumat (16/6/2017), bahkan mencapai 60% dari total penumpang pada hari-hari biasa. Budi Santoso menyampaikan hal itu di sela-sela tinjauan Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi bersama jajaran forum komunikasi pimpinan daerah setempat.

Menurut dia, sebenarnya PT KAI sudah menyediakan KA tambahan untuk memfasilitasi pemudik. Akan tetapi, semua tiket KA sekarang ini sudah habis dibeli oleh pemudik jauh-jauh hari sebelumnya. “Ya, kami sudah berusaha menambah KA untuk Lebaran tetapi [tiketnya] sudah habis. Tiket ‘kan sudah dijual sejak 90 hari sebelum keberangkatan. Ya, memang full terus,” katanya.

Sementara itu, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mengakui jumlah pemudik yang menuju maupun berasal dari Semarang pada tahun ini memang meningkat dari total penumpang pada tahun-tahun sebelumnya. “Alhamdulillah, semuanya berjalan baik, termasuk yang menggunakan angkutan KA di Stasiun Poncol ini. Ya, tadi bisa dilihat sendiri jumlah penumpang KA mengalami peningkatan,” katanya.

Ia mengingatkan pengelola transportasi untuk tetap mengutamakan keselamatan dalam melayani pemudik, termasuk kenyamanan mereka dalam menunggu moda transportasi, seperti di stasiun-stasiun. Selain itu, Hendi—sapaan akrab Hendrar Prihadi—berharap ada penambahan KA lagi untuk melayani pemudik yang kehabisan tiket agar mereka bisa nyaman mudik menggunakan KA.

“Kursinya masih sangat kurang. Akan tetapi, ya, karena intensitas [penumpang] sudah meningkat, kami maklum. Ya, kalau memungkinkan bisa ditambah lagi kursinya,” harap Hendi menyikapi banyaknya pemudik menjelang Lebaran 2017 ini.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya