SOLOPOS.COM - Suasana Bandara Adi Soemarmo Solo pada pukul 14.20 WIB, Boyolali, Kamis (2/2/2017). (M. Ferri Setiawan/JIBI/Solopos)

Mudik 2017 di Bandara Adi Soemarmo Solo mulai diwarnai peningkatan jumlah penumpang.

Solopos.com, SOLO — Pemudik sudah mulai bergerak ke daerah dan mulai memadati Bandara Adi Soemarmo. Namun di awal posko Lebaran dijalankan, tercatat 19 penerbangan dibatalkan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Hari pertama pelaksanaan posko Lebaran atau pada Kamis (15/6/2017), tercatat ada 11 penerbangan yang dibatalkan, yakni tujuh jadwal untuk kedatangan dan empat jadwal keberangkatan.

Ekspedisi Mudik 2024

Sedangkan pada hari kedua terdapat delapan jadwal yang dibatalkan, yakni empat jadwal kedatangan dan empat jadwal keberangkatan.

Selain itu, banyak juga pesawat yang mengalami delay atau terlambat. Pada H-10 tercatat ada 52 penerbangan tapi sekitar 21 jadwal diantaranya terlambat dan 32 jadwal tepat waktu sehingga on time performance (OTP) 60,38%. OTP pada H-9 mengalami penurunan menjadi 41,07% karena dari 56 jadwal 33 diantaranya terlambat dan hanya 23 penerbangan yang tepat waktu.

“Pembatalan jadwal ini terjadi karena adanya rotasi pesawat yang dilakukan maskapai. Sedangkan keterlambatan terjadi karena penerbangan mulai padat, terutama di Jakarta. Meski begitu, secara umum, jumlah penumpang yang datang maupun berangkat dari Solo meningkat jika dibandingkan tahun lalu,” ujar Operation and Service Department Manager PT Angkasa Pura (AP) I Bandara Adi Soemarmo, Purwanto, kepada Solopos.com, Sabtu (17/6/2017).

Hingga Jumat (16/6/2017) jumlah penumpang datang dan berangkat dari Solo sebanyak 14.975 orang atau tumbuh 49% sedangkan jumlah pesawat yang terbang naik 30% menjadi 107 jadwal.

Hal ini juga termasuk dua extra flight pada H-10 dan satu extra flight pada H-9. Sabtu-Minggu (17-18/6), jumlah penumpang diprediksi semakin meningkat mengingat sudah mulai libur sekolah.

Posko Lebaran ini dioperasikan pada 15 Juni hingga 11 Juli dengan melibatkan personil dari AP I, TNI AU, kantor kesehatan pelabuhan, dan kepolisian. Jumlah penumpang selama masa angkutan Lebaran kali ini diprediksi naik sekitar 37% jika dibandingkan tahun lalu.

Concordia Executive Lounge yang dikelola oleh AP Hotel juga mulai dioperasikan bersamaan dengan dibukanya posko Lebaran. Lokasinya berada di lantai II dan diharapkan dapat meningkatkan pelayanan serta kenyamanan penumpang saat menunggu keberangkatan pesawat.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya