SOLOPOS.COM - Sejumlah mobil luar kota keluar dari pintu tol Klodran, Colomadu, Karanganyar, Rabu (13/7/2016). (Iskandar/JIBI/Solopos)

Mudik 2016 pos pengamanan (Pospam) di pintu Tol Klodran selesai difungsikan.

Solopos.com, KARANGANYAR – Pos Pengamanan (Pospam) Lebaran 2016 di pintu tol Klodran, Kecamatan Colomadu, Karanganyar, Rabu (13/7) resmi dibubarkan. Karena sesuai ketentuan Pospam itu diadakan sejak Rabu (29/6) sampai Rabu (13/7/2016).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Total kami jaga di sini [Pospam] selamA 14 hari yaitu sejak h-7 Lebaran sampai hari ini,”ujar Kepala Pospam pintu gerbang tol Solo-Kertosono bagian pintu Desa Klodran, Kecamatan Colomadu, Karanganyar, Iptu Maryadi ketika ditemui di ruang kerjanya, Rabu (23/7).
Menurut dia saat ini kondisi arus balik sudah menurun drastis. Hingga pukul 12.00 WIB kemari mobil yang melintas keluar dari pintu tol Klodran mencapai 1.074 buah mobil.

Sementara itu salah satu petugas tol PT Solo Ngawi Jaya (SNJ), Aryo Gunanto mengatakan hingga penutupan jalur pukul 17.00 WIB kemarin, sebanyak 2.202 mobil melintas dari Sragen ke Solo. Jika dihitung secara keseluruhan sejak H-7 Lebaran, Rabu (29/6) sampai H+7, Rabu (13/7) pukul 17.00 WIB atau tutup jalur, sebanyak 32.247 mobil melintas di tol ini.

Sedangkan pada Selasa (12/7) atau sehari sebelumnya mobil yang melintas di tol ini hingga penutupan jalur sore hari mencapai 2.680 buah mobil. Selama dia bertugas tak ada kejadian menonjol.
“Tidak ada kemacetan yang parah, kriminal juga tidak terjadi di tol ini. Hingga hari terakhir ini situasi di tol Klodran bisa diatasi dengan baik,” ujar Maryadi.

Selanjutnya tol ini akan ditutup untuk umum sehingga tak ada lagi mobil yang melintas. Dan pihak tol akan melanjutkan kembali pekerjaan yang belum selesai.

Secara terpisah Kepala Pospam di Perempatan Mapolsek Colomadu, AKP Joko Waluyono mengatakan Pospam di Perempatan Colomadu masih diberlakukan sampai Jumat (15/7/2016). Karena itu pihaknya belum akan membubarkan penjagaan atau aktivias di Pospam yang dipimpinnya.

“Sekarang ini penurunan kendaraan yang melintas cukup signifikan. Berdasar pantauan sejak pagi tadi kira-kira ada 30 persen dibanding hari sebelumnya atau mendekati normal,” ujar dia.

Jalan menuju Kompleks TNI AU arah ke Ngasem yang beberapa hari lalu ditutup karena macet, kemarin sudah dibuka lagi. Karena kepadatan arus balik yang melintas di Colomadu berkurang drastis.
Kendati demikian arus balik mobil berpelat nomor luar kota seperti B, D, F, BE, BH dan sebagainya masih terlihat. Kendaraan dari luar kota itu beberapa di antaranya masih membawa barang-barang mereka di bagian atas ditutupi terpal.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya