SOLOPOS.COM - Ilustrasi Rest Area (JIBI/Solopos/Dok.)

Mudik 2016 kali ini Korem 074/Warastrama akan menyiapkan 30 rest area.

Solopos.com, SOLO – Korem 074/Warastrama akan menyediakan sekitar 30 rest area atau tempat istirahat bagi pemudik. Lokasi itu tersebar di Soloraya terutama di jalur para pemudik.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Penerangan Korem 074/Warastratama, Mayor Infanteri Mantang, mewakili Danrem 074/Warastratama Kolonel Infanteri Maruli Simanjuntak mengatakan tempat istirahat itu didirikan di sejumlah Makodim dan Koramil terutama yang dilalui pemudik.

Ekspedisi Mudik 2024

“Untuk Kodim, biasanya semuanya mendirikan tempat istirahat. Jadi ada tujuh rest area. Sedangkan di Koramil diprioritaskan yang berada di jalur pemudik,” katanya saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, Selasa (21/6/2016).

Terkait jumlahnya, ia memperkirakan ada 20 sampai 30 lokasi. Ia masih menunggu keputusan Danrem dengan survei terlebih dahulu. Pendirian tempat istirahat pada H-7 hingga H+7 Lebaran. Pelayanan untuk pemudik di antaranya tempat tidur, MCK, dan layanan kesehatan yang berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan di masing-masing daerah.

“Untuk kebutuhan pemudik lainnya kami serahkan inovasinya pada masing-masing kodim atau koramil. Seperti dulu ketika saya tugas di Sragen, dari Kodim menyiapkan indomie rebus untuk pemudik. Intinya, bagaimana melayani pemudik agar nyaman dalam perjalanan,” ujarnya.

Selain pendirian tempat istirahat, TNI juga membantu kepolisian untuk pengamanan Lebaran. Korem menyiapkan 30 anggota dari Kodim 0735/Surakarta sesuai permintaan Polresta Surakarta. Mereka akan ikut berpatroli keliling, berjaga di stasiun, serta terminal.

Selain penugasan di lapangan, 30 anggota lainnya juga disiagakan di Kodim. “Untuk anggota yang siaga di Makodim, mereka berjaga 24 jam yang bisa dihubungi sewaktu-waktu,” tutur Mantang. Tak hanya di Kodim, para anggota di Korem juga disiagakan secara bergantian di Makorem untuk pengamanan jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya