Kategori: Leisure

Mudah Dicari, Sederet Makanan dan Minuman Ini Bisa Tingkatkan Metabolisme Tubuh


Solopos.com/Ratih Nisa Intana

Solopos.com, SOLO – Menjaga daya tahan tubuh agar tetap bugar, memang jadi fokus utama seluruh orang di dunia di tengan pandemi Covid-19. Untuk itu, penting bagi kita mengonsumsi makanan dan minuman bergizi agar fungsi tubuh dan metabolisme tetap berjalan dengan baik.

Metabolisme yang baik juga berperan untuk membuang lemak di dalam tubuh dan menjaga berat badan. Namun, tak semua orang memiliki metabolisme yang baik secara genetik. Jika kalian termasuk dalam kategori itu, maka ada beberapa makanan yang dapat meningkatkan metabolisme.

Tak perlu khawatir karena makan dan minuman tersebut tidak mahan ataupun susah dicari. Bahan-bahan tersebut tersedia di sekitar kalian, seperti yang dilansir dari berbagai sumber.

Tak Hanya Cantik Sebagai Pajangan, Ini Manfaat Lain Lilin Aroma Terapi

1. Cabai merah

Cabai merah dikaitkan dengan makanan pedas yang membantu membakar kalori dan menjaga metabolisme kalian pada puncaknya. Dengan menambahkannya sebagai bumbu ke makanan, cabai dapat membantu meningkatkan metabolisme dan detak jantung, serta membakar kalori.

2.Putih telur

Telur memiliki banyak sekali manfaat, selain sebagai sumber protein dan vitamin D. Putih telur bagus untuk protein dan bentuk sarapan terbaik untuk mengawali hari. Mereka juga kaya akan asam amino rantai cabang yang menjaga metabolisme agar tetap tinggi.

Nutrisi yang terkandung dalam putih telur, juga dipercaya dapat membuat pikiran yang lebih tenang, nyaman dan otak bekerja dengan baik.

3.Kopi hitam

Di balik warnanya yang hitam pekat dan pahit, kopi panas di pagi hari memang sangat bagus untuk meningkatkan mood dan metabolisme. Kopi bertindak sebagai pendorong energi instan untuk memulai hari dan makanan pra-olahraga yang akan membantu kalian untuk membakar kalori.

NTP Dan NTUP Terus Naik, Kementan Beri Apresiasi Petani

4.Teh hijau

Teh hijau dikenal untuk mengurangi lemak dan meningkatkan kecepatan metabolisme. Dua sampai tiga cangkir dalam sehari akan menjauhkan lemak karena mengandung zat bioaktif seperti kafein dan epigallocatechin gallate (EGCG) yang membantu meningkatkan laju metabolisme.

Banyak penelitian menyebutkan bahwa peningkatan metabolisme berkat ekstrak teh hijau bisa mencapai sekitar 3-4%. Tetap, ada pula beberapa penelitian yang menunjukkan peningkatan metabolisme hingga 8%.

Namun, penting untuk diingat bahwa tidak semua riset menunjukkan teh hijau dapat meningkatkan metabolisme. Sebab, efek ini akan berbeda setiap orang.

5.Produk susu

Produk susu seperti ghee, yoghurt hingga susu mengandung banyak kalsium yang membantu tubuh memetabolisme lemak. Ghee sangat bagus untuk metabolisme karena lemaknya mengandung asam linolenat yang membantu menghilangkan lemak.

Share
Dipublikasikan oleh
Anik Sulistyawati