Mudah dan Cepat, Ini Cara Bersihkan dan Rawat Sepatu Bila Basah Terkena Hujan
Ada cara mudah untuk merawat sepatu setelah basah kena hujan (ilsutrasi

Solopos.com, SOLO -- Hujan yang datang tidak menentu, seringkali membuat sepatu basah. Hal ini tentu menjadi pekerjaan tersendiri untuk membersihkannya. Sebab, jika sepatu dibiarkan basah, tentunya akan merusak sepatu dan menimbulkan bau tidak sedap.

Membersihkan sepatu yang basah terkena hujan, juga harus perlahan dan ekstra hati-hati. Namun, sebenarnya ada langkah yang cukup mudah dan cepat dilakukan. Setelah itu tentunya dilanjutkan dengan merawatnya agar tetap dalam kondisi baik.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut cara mudah dan cepat membersihkan hingga merawat sepatu yang basah karena air hujan.

Beredar Info Bangsal Isolasi Covid-19 Di Solo Penuh, Cek Faktanya!

Buka sol sepatu

Buka sol sepatu dan bersikan dengan cara direndam di air sabun, atau masukkan ke mesin cuci. Namun jangan pernah mengeringkannya di mesin pengering. Jika ragu untuk memasukan ke mesin cuci, cukup digantung saja. Jemur di bawah sinar matahari yang hangat.

Bersihkan dengan sikat

Jangan tunggu noda lumpur mengering, segera bersihkan ketika sepatu terkena noda. Kalian juga bisa membersihkannya dengan sikat yang sebelumnya sudah diberi sabun. Sikatlah perlahan agar tidak merusak sepatu. Namun apabila sepatu terlalu sensitif, bisa menggunakan kain yang sudah diberi sabun. Gosok secara perlahan sampai kotoran yang menempel.

Keringkan sepatu yang basah dengan cara dijemur atau menggunakan kipas angin. Untuk sepatu yang berbahan kulit, sebaiknya jangan dikeringkan menggunakan blow dryer. Keringkan secara alami dengan panas matahari, atau bila perlu, gunakan kipas angin.

Bungkus dengan kertas koran

Setelah disikat atau dilap, bungkus sepatu dengan kertas koran hingga airnya meresap. Tekan-tekan secara perlahan sampai airnya membasahi kertas. Koran berfungsi menghilangkan kelembapan di sepatu yang sudah dibersihkan akibat terkena air hujan.

Kalina Pacaran Dengan Vicky Prasetyo, Komentar Azka Corbuzier Disorot

Gunakan Parfum Sepatu

Sepatu yang lembab, selain tidak nyaman untuk dipakai, juga bisa menimbulkan bau yang tak sedap. Pastuinya, itu bisa membuat kalian tidak percaya diri dan bisa membuat orang di sekitar merasa terganggu. Untuk menghindari hal itu, coba gunakan parfum khusus untuk sepatu. Selain mencegah timbulnya bau yang tidak sedap, parfum juga bisa membunuh jamur dan bakteri penyebab bau.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom