Tutup Iklan
Astrid Widayani (Istimewa)

Muda Berkarya hadir setiap Jumat di The Young Koran Umum Solopos diasuh oleh Astrid Widayani, inisiator Youth Reinforcement Program (YRP).  Sekretariat YRP di Jl. MT Haryono 34B, Manahan, Solo, Telepon  (0271) 7467243, WA 08562816271

Solopos.com, SOLO --  Sebagai makhluk sosial, manusia membutuhkan komunikasi sebagai sarana interaksi dan penunjang informasi. Komunikasi sejatinya merupakan kemampuan dasar yang dibutuhkan oleh setiap individu.

Melalui proses komunikasi, pesan atau informasi akan berpindah dari pemberi pesan (sender/speaker) kepada penerima pesan (receiver/audience). Komunikasi yang efektif akan memudahkan proses transisi informasi antar individu menjadi sebuah pemahaman atau kesepakatan.

Dalam kehidupan sehari-hari, manusia cenderung menyampaikan informasi dengan gaya komunikasi sesuai dengan karakter dan kepribadiannya masing-masing. Adapun beberapa hal yang menjadi hambatan dalam komunikasi adalah tidak ada penyesuaian gaya komunikasi antar kepribadian yang berbeda, tidak ada upaya dalam meningkatkan kemampuan berkomunikasi, dan komunikasi yang tidak sepaham diakibatkan adanya proses transisi informasi yang berhenti di tengah jalan.

Apabila dilihat dari kebutuhan di kalangan akademisi maupun bisnis, komunikasi menjadi hal yang sangat fundamental. Komunikasi bukan hanya menjadi kebutuhan dasar untuk berinteraksi, namun komunikasi menjadi kunci dalam memastikan semua proses transisi informasi telah disampaikan dan diterima secara sempurna.

Komunikasi

http://img.solopos.com/upload/img/Astrid%20Widayani-vertikal.jpg" width="400" height="600" alt="" />

Di bidang akademik, misalnya seorang guru diharapkan mampu memberikan metode terbaik supaya proses transfer knowledge bisa berlangsung secara optimal dan diterima dengan baik oleh siswa dengan tolak ukur nilai akademik yang tinggi.

Di bidang bisnis, misalnya seorang marketer harus mampu menguasai teknik presentasi, negosiasi, hingga customer relationship, maka dari itu pengembangan teknik komunikasi sangat dibutuhkan.

Bagi generasi milenial, peningkatan kemampuan komunikasi di era digital saat ini sudah menjadi keunggulan tersendiri. Banyak pilihan media atau teknologi yang bisa dijadikan fasilitas dalam proses pengembangan diri termasuk kemampuan komunikasi yang efektif.

Teknik presentasi klasik yang menggunakan teori public speaking, sekarang sudah bisa dilatih secara mandiri melalui youtube atau aplikasi lainnya. Bahkan secara tidak langsung, generasi milenial sudah semakin percaya diri dalam menyampaikan gagasan atau idenya dalam bentuk vlog atau video yang diunggah ke akun media sosialnya.

Di balik semua fasilitas yang tidak terbatas, ternyata ada satu hal yang hampir dilewatkan oleh generasi milenial saat ini. Hal mendasar yang bisa melesatkan diri menjadi seseorang yang sukses di kemudian hari yaitu kemampuan untuk mengenali diri sendiri yang disebut sebagai self knowledge.

Apabila seorang individu sudah bisa menjadi diri sendiri, maka akan muncul kepercayaan diri yang akan mendukung semua keterampilan yang dimiliki termasuk kemampuan berkomunikasi secara efektif.

Untuk dapat melatih keterampilan komunikasi dengan pendamping pribadi, Youth Reinforcement Program (YRP) telah menyiapkan sebuah metode yang efektif dalam membantu siswa dalam rangka peningkatan rasa percaya diri dan pembekalan ilmu public speaking yang langsung bisa diterapkan di bidangnya masing-masing.

Salam Muda Berkarya.

Tulis Komentar Anda

Berita Terkait

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten