SOLOPOS.COM - Los di Pasar Beringharjo mangkrak (JIBI/Harian Jogja/Bhekti Suryani)

Los di Pasar Beringharjo mangkrak (JIBI/Harian Jogja/Bhekti Suryani)

JOGJA—Sedikitnya 50-an los tempat berjualan di lantai tiga Pasar Beringharjo mangkrak. Los-los itu tak ditempati pedagang.

Promosi Era Emas SEA Games 1991 dan Cerita Fachri Kabur dari Timnas

Kepala Bidang Pemanfaatan Lahan dan Pengelolaan Retribusi (PLTR) Dinas Pengelolaan Pasar Kota Jogja, Dewi Tedjo Rini, menyatakan sejak dua tahun lalu satu per satu pedagang meninggalkan los-los tersebut lantaran sepi pembeli. “Ada sekitar 50-an los yang mangkrak tapi cuma di lantai tiga,” katanya, Rabu (27/6).

Los yang berada di sebelah timur lantai tiga dekat area parkir itu letaknya memang kurang strategis. Banyak pengunjung yang tak tahu bahwa di sana juga banyak menjual peralatan rumah tangga seperti ember, botol dan juga barang-barang bekas apalagi pemandanganya agak tertutup atap bangunan bila dilihat dari tempat parkir.

Kondisi ini, menurut Dewi, agak miris di saat banyak pedagang yang berjejalan di lantai satu dan dua serta kesulitan mencari tempat jualan namun di sisi lain banyak los yang justru mangkrak. Sebenarnya sudah direncanakan untuk memotong atap atau bagian bangunan yang menutupi los-los itu agar terlihat terbuka hanya belum terealisasi sampai saat ini.

Upaya lain yang dapat dilakukan di antaranya mempermudah akses masuk ke lantai tiga tersebut. Misalnya dengan menyediakan tangga langsung ke tempat jualan. Los-los ini berukuran 2×3 meter. Pedagang yang berjualan di sana per hari ditarik retribusi sebesar Rp300 per meter. “Kalau misalnya nanti sudah lapang, view-nya kelihatan, nanti juga pedagang pada balik lagi,” lanjut Dewi.

Los maupun kios di lantai tiga memang relatif lebih sepi dibanding lantai satu dan dua yang dijejali pengunjung. Banyak pengunjung yang tak tahu di lantai paling atas tersebut juga banyak dijual barang-barang keperluan sehari-hari, tentunya dengan harga yang relatif lebih miring dibanding di luar.

Tak hanya los atau kios, area parkir di lantai tiga pun juga tak sepadat seperti kantong parkir luar di sebelah selatan Beringharjo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya