SOLOPOS.COM - Ilustrasi penjual baju seragam sekolah. (JIBI/Harian Jogja/Devi Krismawati)

Salah satu pedagang di Pasar Beringharjo menunjukkan seragam sekolah yang ia jual, Senin (18/6) (JIBI/Harian Jogja/Devi Krismawati)

JOGJA—Menjelang tahun ajaran baru, seragam sekolah menjadi salah satu kebutuhan yang banyak di cari. Kondisi tersebut membawa keuntungan tersendiri bagi pedagang seragam sekolah di Pasar Beringharjo.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Pemilik kios seragam sekolah di los 16, Walida, mengaku sudah menambah persediaan barang dagangannya sampai empat kali lipat dibandingkan dengan hari-hari biasanya walaupun penjualan belum terlalu ramai.

“Puncak ramainya nanti satu minggu sebelum masuk dan minggu pertama masuk sekolah,” ujarnya saat ditemui Harian Jogja di losnya di Pasar Beringharjo sisi barat, kemarin (18/6). Walida menambahkan hampir semua seragam, dari mulai setelan seragam taman kanak-kanak, seragam sekolah dasar, SMP, SMA dan seragam Pramuka biasanya akan ramai di buru pada saat itu.

Ia pun mengaku di musim masuk sekolah ini, penjualan bisa naik sampai tiga kali lipat dibandingkan dengan hari-hari biasanya. “Musim masuk sekolah memang rejeki tersendiri bagi kami, soalnya kalau hari biasa sepi sekali bahkan banyak pedagang seragam yang akhirnya jualan batik disini,” ujar Walida.

Untuk harga, walaupun penjualan bisa naik sampai tiga kali lipat, ia mengaku tidak akan menaikan harga. Harga satu set baju seragam sekolah dasar(SD) masih akan ia jual dengan harga Rp40.000 sampai Rp50.000 dan seragam SMP dibanderol dengan Rp50.000 sampai Rp60.000.

“Kalau satu set baju seragam pramuka biasanya lebih mahal, selisihnya sekitar Rp5.000,” papar Walida. Ia menambahkan, selain menyediakan satu set baju seragam dengan berbagai ukuran, ia pun membuka pesanan bagi yang menginginkan baju seragam dengan ukuran khusus atau dengan bahan tertentu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya