SOLOPOS.COM - Ekskalator di Pasar Beringharjo barat rusak, meski demikian banyak pengunjung memilih menaikinya manual ketimbang melewati tangga biasa. Foto diambil Jumat (3/1). (JIBI/Harian Jogja/Joko Nugrono)

Harianjogja.com, JOGJA—Eskalator penghubung Pasar Beringharjo Barat lantai dua dengan kawasan parkir Bringharjo sering dimatikan. Eskalator penghubung ini hanya dihidupkan pada hari-hari tertentu, khususnya pada liburan.

Salah satu pedagang baju di lantai dua, Wantini mengatakan eskalator memang sudah jarang dinyalakan. Dia tidak mengetahui alas an pengelola dengan tidak mengaktifkan dua eskalator penghubung Pasar Beringharjo lantai dua dengan kawasan parkir ini.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Kami tidak mengetahui. Namun yang jelas sudah lama eskalator tidak lagi difungsinya. Hanya kadang-kadang saja. Padahal itu bisa menjadi jalan utama bagi orang-orang yang akan berbelanja ke lantai dua langsung,” jelas Wantini, Selasa (7/1/2014).

Wantini mengaku kini akses mudah seperti eskalator sudah tidak berjalan lagi. Sebab eskalator yang ada di dalam pasar juga sedang rusak.

“Rusak semua eskalatornya. Jadi kalau akan berbelanja ke lantai dua sudah tidak bisa menggunakan eskalator lagi, semua menggunakan tangga saja,” jelas Wantini.

Wantini berharap tangga berjalan atau eskalator ini bisa kembali pulih seperti sedia kala. Sebab tanpa eskalator, membuat calon pembeli berfikir dua kali untuk berbelanja ke lantai dua.

“Kalau eskalatornya memang tidak fungsi calon pembeli jadi ragu-ragu mau ke atas. Hanya beberapa orang yang memang berminat saja yang mau naik ke atas. Atau mungkin yang sudah langganan beli di lantai dua,” jelas Wantini.

Kepala UPT Pusat Bisnis Dinas Pengelolaan Pasar Jogja, Gunawan Nugroho mengatakan seringnya eskalator penghubung ini dimatikan karena usia eskalator yang sudah tua. Jika tidak sering dimatikan, eskalator akan cepat panas.

“Kami mengantisipasi liburan saja untuk pengaktifan escalator ini. Semoga hal ini bisa dipahami semua pihak,” jelas Gunawan yang mengatakan jika eskalator di dalam pasar sedang dalam perbaikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya