Muatan Berlebih Galian C Picu Kerusakan Jalan di Boyolali

Kemantapan jalan kabupaten di Boyolali akan semakin berkurang pada 2022 akibat aktivitas pembangunan Tol Solo-Yogyakarta.

 Pengandara melintasi ruas jalan Kacangan-Kedungrejo yang rusak parah. (Istimewa/Diskominfo Boyolali)

SOLOPOS.COM - Pengandara melintasi ruas jalan Kacangan-Kedungrejo yang rusak parah. (Istimewa/Diskominfo Boyolali)

Solopos.com, BOYOLALI —Sejumlah jalan kabupaten di Boyolali mengalami kerusakan. Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DPUPR) Kabupaten Boyolali, Joko Prasetyo, menjelaskan rusaknya jalan kabupaten disebabkan oleh kendaraan berat yang berlalu-lalang membawa muatan berlebih.

“Melebihi kapasitas angkutan, jalan kabupaten kami rata-rata di kelas III. Kurang lebih maksimal itu delapan atau 10 ton. Sekarang kami lihat, banyak jalur-jalur tambang [truk dari penambangan] di kami [melewati jalan kabupaten] hampir 12 ton. Contoh tol ini [pembangunan tol Solo-Jogja], itu ruas Bangak-Sambi sekarang seperti apa dari tol itu, hampir tidak putus [banyaknya truk yang lewat], itu muatannya jelas melebihi. Nah seperti itu, otomatis jalan dari Sambi sampai Sawit, itu jelas kondisi jalannya akan drop. Karena Jalan Tol Solo-Jogja itu sejajar dengan ruas kami,” ujar dia kepada Solopos.com di Kantor DPUPR, Selasa (27/9/2022).

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

Dilain sisi, Joko menjelaskan kerusakan jalan akibat kendaraan dengan muatan berlebih juga menyasar jalan kabupaten yang menuju ke arah Semarang.

Joko memperkirakan kemantapan jalan akan semakin berkurang pada 2022 akibat aktivitas pembangunan Tol Solo-Yogyakarta. Muatan berlebih yang dimaksud oleh Joko berkaitan dengan material bangunan.

“Pasir, batuan, dan sebagainya, ya material galian C. Kebanyakan yang membuat rusak itu. Dari Merapi, tapi kan lewatnya sini [Kabupaten Boyolali]. Ada yang lewat Musuk, ada yang lewat Teras. Kalau yang ke Semarang lewatnya sampai ke Juwangi itu,” ucap dia.

Joko menjelaskan kondisi jalan kabupaten di Boyolali dibagi menjadi dua kondisi, yakni kondisi mantap dan kondisi tidak mantap.

Kondisi mantap adalah kondisi jalan dalam kategori baik dan sedang, dengan jumlah 560.299 km dan presentase 82,64% dari total Jalan Kabupaten Boyolali. Selanjutnya kondisi jalan tidak mantap, kategorinya jalan rusak ringan dan berat, dengan jumlah 117.701 km dan presentase 17,36%.

Sebagai uraian, dari total 678.000 kilometer jalan kabupaten yang tersebar di Boyolali pada 2021, kondisi jalan kabupaten kategori baik ada sepanjang 438.452 km dan kondisi jalan kabupaten kategori sedang ada sepanjang 121.847 km. Selanjutnya ada 48.367 km Jalan Kabupaten Boyolali yang mengalami rusak berat dan 69.334 km Jalan Kabupaten Boyolali mengalami rusak ringan.

Pemerintah terus mengupayakan perbaikan dan pemeliharaan jalan pada ruas Jalan Kabupaten Boyolali setiap tahun. DPUPR melakukan pemeliharaan secara rutin dan berkala pada kondisi jalan mantap. Kemudian tindakan rehabilitasi dan rekonstruksi untuk kondisi jalan tidak mantap.

Hingga september 2022, Joko mengatakan kegiatan pemeliharaan dan perbaikan jalan secara fisik pada jalan yang diprioritaskan sudah selesai, namun dana APBD yang terserap baru sekitar 25% karena menunggu proses administrasi.

“Ini sudah mulai memasuki perubahan anggaran, untuk yang fisik sudah pelaksanaan semua,” papar dia.

 

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Solopos Hari Ini: Belum Sepakat Nilai UMK

      Sejumlah wilayah di Soloraya hingga Kamis (1/12/2022) belum berhasil mencapai kata sepakat dalam penetapan upah minimum kabupaten/kota (UMK/UMP).

      Tasnim Desak Densus 88 Beri Keterangan Terkait Terduga Teroris di Parangjoro

      Tim Advokasi Nahi Munkar (Tasnim) mendesak kepada Densus 88 untuk segera menyerahkan surat penangkapan dan penyitaan barang kepada keluarga

      Penghentian Siaran TV Analog Belum di Boyolali, Warga Bisa Nonton tanpa STB

      Siaran analog masih bisa ditonton terbukti dengan warga Desa Candigatak, Cepogo, Boyolali, Siti Khotijah, yang masih bisa mengaksesnya tanpa mengaktifkan set top box (STB) yang ia punya.

      Hari Ini, Siaran TV Analog Berhenti di Solo, ANTV Bagikan Tips bagi Pemirsa

      Stasiun TV ANTV memberikan tips menonton tayangan digital setelah pemerintah menghentikan siaran televisi analog di wilayah Solo dan sekitarnya pada Jumat (2/12/2022).

      Stok Darah PMI Karanganyar Hari Ini 2 Desember 2022

      Informasi mengenai stok darah di PMI Karanganyar hari ini, Jumat (2/12/2022), bisa disimak pada artikel ini.

      Stok Darah PMI Sragen Hari Ini 2 Desember 2022

      Informasi mengenai stok darah di PMI Sragen hari ini, Jumat (2/12/2022), bisa disimak di sini.

      Proyek Kantor Pemkab Sragen Terpadu Senilai Rp98 Miliar Mulai Dilelang

      Selama November-Desember 2022 sudah ada kegiatan di 2023 yang dilelang, terutama untuk kegiatan konsultan pengawas proyek yang nilainya ratusan juta rupiah.

      Pastikan Kondusivitas Kamtibmas, Polsek Kartasura Sukoharjo Sambangi Cakades

      Sebanyak tiga calon kepala desa menjadi sasaran dialog kamtibmas tersebut antara lain tiga cakades Ngemplak, dua cakades Gumpang, dan lima cakades Pabelan.

      Kirab Loji Gandrung-Mangkunegaran, Ini Kuda Langganan Presiden Jokowi

      Pernikahan Kaesang-Erina dimulai dengan kirab 12 kereta kuda yang ditarik 28 ekor kuda dari Loji Gandrung menuju Pura Mangkunegaran, Minggu (11/12/2022).

      Desa Masuk Area Konsesi PT Alexis, Ini Tanggapan 2 Cakades Keloran Wonogiri

      Dua Cakades Kaloran Wonogiri menyambut positif PT Alexis yang akan menambang di wilayah Kaloran.

      Kronologi Warga Desa Pilangsari Sragen Tertabrak Kereta, Sempat Diteriaki Warga

      Sempat diteriaki ada kereta, korban yang juga penyandang disabilitas rungu tidak menderngar saat KA Argo Wilis melintas.

      5.000 Sukarelawan Jokowi Menginap di AHD Boyolali Sebelum ke Pernikahan Kaesang

      Pengelola AHD Boyolali memastikan bisa menampung 5.000 sukarelawan Jokowi yang akan menghadiri pernikahan Kaesang-Erina.

      Melihat Kamboja Berguguran: Apa yang Kematian Berikan untuk Kehidupan

      Suwarsono menatap denah TPU lama sementara si tunggon itu berdiri mematung. Siklus kematian dan kehidupan itu pun berputar. Saat kematian tiba, seorang tunggon menanti datangnya uang untuk meneruskan hidupnya.

      Boyolali Hujan Ringan sejak Pagi Hari, Cek Ini Prakiraan Cuaca Lengkapnya

      Prakiraan cuaca Boyolali hari ini diprediksi hujan ringan sejak pagi, Jumat (2/12/2022).

      Sukoharjo Berawan Sepanjang Hari, Cek Ini Prakiraan Cuaca Lengkapnya

      Menurut prakiraan cuaca BMKG, Kabupaten Sukoharjo berawan sejak pagi, Jumat (2/12/2022).

      Penghentian Siaran TV Analog Ternyata Tak Terjadi di Wonogiri

      Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Wonogiri, Heru Nur Iswantoro, mengklaim kebijakan analog switch off (ASO) atau penghentian siaran televisi (TV) analog tak akan terjadi di Wonogiri.