MU Sepakati Transfer Wan-Bissaka, Rogoh Kocek Rp898 Miliar
Aaron Wan Bissaka (Reuters-Peter Cziborra)

Solopos.com, MANCHESTER - Setelah cukup sepi dalam pemberitaan, Manchester United akhirnya membuat gebrakan pada bursa transfer musim panas ini.

Tim berjuluk Setan Merah tersebut mendatangkan bek kanan dari Crystal Palace, Aaron Wan-Bissaka. Sosok Wan-Bissaka memang tidak begitu populer. Namun, transfer pemain berusia 21 tahun ini cukup menghebohkan karena banderolnya yang disebut-sebut mencapai 50 juta poundsterling (Rp898,04 miliar).

Seperti dilansir dailymail.co.uk, Rabu (26/6/2019), United mencapai kesepakatan dengan Palace untuk memboyong Wan-Bissaka, Rabu pagi waktu setempat. Harganya yang mencapai 50 juta poundsterling akan menempatkan pemain Timnas Inggris U-21 tersebut sebagai pemain termahal keempat dalam sejarah transfer United, di belakang Paul Pogba, Romelu Lukaku, dan Angel di Maria.

Wan-Bissaka bakal merasakan keistimewaan dengan mengenakan kostum United. Jika sebelumnya dirinya hanya mendapat gaji 10.000 poundsterling (Rp179,6 juta) per pekan bersama Crystal Palace, maka Wan-Bissaka akan mengalami lonjakan upah menjadi 80.000 poundsterling (Rp1,4 miliar) per pekan alias delapan kali lipatnya!

Kini, Wan-Bissaka dilaporkan tinggal menuntaskan tes medis sebelum diperkenalkan sebagai pemain baru Setan Merah. Total dana 50 juta poundsterling yang dikeluarkan United itu, terperinci 45 juta poundsterling untuk harga awal dan 5 juta poundsterling untuk alasan tertentu di kemudian hari.

Di sisi lain, United tidak jadi menutup 25 persen klausul pelepasan Wilfred Zaha dari Palace karena masuk dalam kesepakatan dalam pembelian Wan-Bissaka. Sebelumnya, ada desas-desus bahwa Zaha akan masuk paket negosiasi pembelian Wan-Bissaka.

Lantas apa yang membuat United sangat percaya dengan kemampuan Wan-Bissaka? Pemain jebolan tim junior Crystal Palace ini baru melakoni debut seniornya pada Februari 2018. Namun, dia langsung mencuri perhatian dan dinobatkan sebagai Pemain Terbaik oleh fans Palace pada musim lalu. Namun, Wan-Bissaka menyita perhatian karena melakukan error saat membela Timnas Inggris U-21 ketika dikalahkan Prancis U-21 pada Euro U-21 2019, musim panas ini.

Wan-Bissaka merupakan pemain kedua yang dibeli United pada bursa transfer musim panas ini. Sebelumnya, Setan Merah mendatangkan Daniel James dari Swansea City. Pelatih United, Ole Gunnar Solskjaer tampaknya lebih percaya dengan talenta lokal untuk merekstrukturisasi timnya musim depan.

Wan-Bissaka dan James sama-sama pemain kelahiran Inggris. Keduanya juga dalam usia potensial sebagai pesepak bola karena berada di angka 21 tahun. Nyatanya, United cukup kalem dalam bergerak di bursa transfer.

Hasil jeblok dengan finis di peringkat keenam klasemen Liga Premier musim lalu, tidak membuat klub asal Manchester ini panik dalam pembelian pemain. Kendati sederet nama-nama besar terus dihubungkan, United belum merealisasikan pembelian pemain yang berstatus “bintang”.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya



Kolom