SOLOPOS.COM - Para siswa tengah bersiap menjalani lomba MTQ tingkat pelajar Kota Salatiga di SMPN 5 Salatiga, Rabu (23/3/2016). (Salatigakota.go.id-Humas Setda Kota Salatiga)

MTQ Kota Salatiga diselenggarakan guna menjaring kalifah untuk atau Musyabaqoh Tilawatil Quran tingkat Jateng.

Semarangpos.com, SALATIGA – Pemerintah Kota (Pemkot) Salatiga serius mempersiapkan wakil pelajar Kota Salatiga dalam Musyabaqoh Tilawatil Quran (MTQ), Musyabaqoh Hifdzil Quran (MHQ) dan seleksi Tilawatil Alquran (STQ) Tingkat Provinsi Jawa Tengah (Jateng) tahun 2016. Keseriusan ini ditunjukkan Pemkot dengan menggelar MTQ, MHQ, dan STQ pelajar tingkat Kota Salatiga di SMPN 5 Salatiga, Rabu (23/3/2016).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Ketua Panita Lomba, Joko Haryono, mengaku selain menjaring wakil Salatiga di tingkat Jateng, lomba ini juga digelar demi meningkatkan rasa cinta Alquran pada masyarakat, khususnya kalangan pelajar. “Kegiatan ini juga untuk mempererat jalinan silaturrahmi antarpelajar, antarsantri pondok pesantren, dan yang utama adalah menyiapkan kafilah Salatiga di ajang MTQ, MHQ dan STQ di tingkat provinsi. Kegiatan ini diikuti 278 siswa dan santri se-Salatiga,” terang pria yang juga menjabat sebagai Kepala Bagian (Kabag) Kesejahtraan Rakyat (Kesra) Pemkot Salatiga itu seperti dilansir salatigakota.go.id, Rabu.

Sementara itu, Wakil Wali (Wawali) Kota Salatiga, Muh Haris, berharap dengan lomba ini akan meningkatkan budaya membaca Alquran di kalangan pelajar. “Mari kita lebih mencintai Alquran dengan gemar membacanya. Banyak di kalangan masyarakat bahkan komunitas dunia maya yang menggalakkan membaca Alquran satu hari satu juz. Tentunya tidak hanya membaca, para pelajar juga harus meningkat pada tahap memahami arti dan tafsirnya,” tutur Wawali.

Pada lomba MTQ kali ini ada beberapa cabang yang dilombakan. Cabang-cabang itu adalah cabang tartil dan Tilawatil Alqur’an golongan SD/MI putra-putri, SMP/MTs putra-putri, dan SMA/SMK/MA putra-putri.

Sementara, dalam cabang Hifdzil Alquran dibagi dalam golongan 1 juz dan tilawah tingkat SMP/MTs putra-putri, golongan 5 juz tingkat SMA/SMK/MA/Pondok pesantren putra-putri, dan golongan 10 juz putra-putri, serta golongan 20 juz putra-putri.

 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya