SOLOPOS.COM - ilustrasi (dok Solopos)

ilustrasi (dok Solopos)

Sukoharjo (Solopos.com)--Produksi beras di Kabupaten Sukoharjo diperkirakan meningkat sinifikan selama masa   tanam (MT) III tahun 2011. Hal itu menyusul kenaikan tajam hasil panen padi dari semula hanya sekitar 5-6 ton gabah kering panen per hektare menjadi 9 ton/hektare.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Kepala Bidang Tanaman Panan dan hortikultura Dinas Pertanian (Dispertan) Kabupaten Sukoharjo, Proboningsih Dwi Danarti, menyebutkan lonjakan produktivitas padi tersebut sebagai imbas positif serangan hama wereng yang mereda MT III ini. Namun Probo belum memastikan peningkatan produksi secara menyeluruh di periode musim tanam berjalan.

“Dibandingkan musim tanam lalu produksi gabah per hektare memang menunjukkan ada peningkatan. Hasil pengubinan di Klegan Kelurahan Sukoarjo, baru-baru ini hasil gabah kering panen sampai sembilan ton per hektare, padahal pada musim lalu hanya lima sampai enam ton, itu pun sudah bagus,” ungkapnya saat dihubungi Espos, Jumat (16/9/2011).

Probo menyebutkan dari perbandingan panen padi MT III, hasilnya meningkat antara tiga sampai empat ton per hektare. Namun untuk menghitung peningkatan produksinya secara keseluruhan, kata dia, hal itu perlu dihitung lebih cermat karena perbedaan luas areal tanam.

“Kalau secara menyeluruh saya belum bisa matur. Harus dihitung hasil panen per hektare dengan luas areal tanam. Lalu untuk mengetahui peningkatan produksinya berapa, dibandingkan lagi hasilnya dengan musim tanam sebelumnya,” papar Probo yang mengaku sedang berada di Jakarta mendampingi Kepala Dispertan, Giyarti untuk kegiatan dinas.

Dihubungi secara terpisah, Giyarti, membenarkan produktivitas padi MT III di Kabupaten Sukoharjo cukup tinggi. Namun untuk melihat ada tidaknya peningkatan produksi, menurut dia hal itu harus melihat areal tanam mengingat luasannya yang berkurang selama MT III. “Musim ini produksinya memang tinggi, tapi areal tanamnya berkurang,” ujarnya, kemarin.

Dalam kesempatan sebelumnya, Giyarti menyebutkan luas areal tanam MT III sampai dengan bulan Juni 2011 di Kabupaten Sukoharjo dilaporkan mencapai 10.099 hektare.

(try)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya