SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–Wakil Ketua MPR RI, Lukman Hakim Saifuddin menyesalkan penundaan kunjungan Presiden Amerika, Barack Obama ke Indonesia.

“Apalagi momen penundaan kunjungan itu beberapa saat setelah terjadinya pembantaian terhadap relawan kemanusiaan. Sehingga banyak spekulasi di balik alasan penundaan kunjungan itu,” ujar Lukman Hakim Saifuddin kepada di Jakarta, Sabtu (5/6).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Lukman menambahkan, apapun alasannya tindakan barbarian tentara Israel terhadap para relawan kemanusiaan itu merupakan test case bagi Obama apakah kali ini pemerintah AS sebagai ‘polisi dunia’ mampu membela kemanusiaan, menegakkan hukum, atau tidak.

“Juga akan membedakan apakah Obama sama atau beda dengan pendahulunya,” Tanya Lukman. Jika benar Obama tak beda dengan pendahulunya dalam menghadapi Israel, tambah Lukman, dunia kembali disadarkan bahwa AS selalu tak berdaya menghadapi Israel.

Dalam pemikiran Lukman, jika Obama ingin memperlihatkan dukungannya pada dunia yang mengutuk tindakan Israel, ia tak akan membatalkan kunjungannya ke Indoneis. Dan Obama dapat memanfaatkan momen kunjungannya untuk berdialog dengan pemerintah Indonesia mengenai masa depan hubungan Israel-Palestina.

inilah/ tiw

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya