SOLOPOS.COM - Dahlan Iskan (detik)

Dahlan Iskan (detik)

JAKARTA–Wakil Ketua MPR, Hajriyanto Y Tohari mendorong Menteri BUMN Dahlan Iskan bersama Direksi BUMN untuk menyebut nama oknum DPR yang melakukan pemerasan. Nama-nama bisa diserahkan ke BK DPR untuk diproses.

Promosi Oleh-oleh Keripik Tempe Rohani Malang Sukses Berkembang Berkat Pinjaman BRI

“Kepada menteri BUMN dan para Direksi BUMN segeralah menyerahkan nama-nama anggota DPR yang suka memeras dan mengajak kongkalingkong kepada Badan Kehormatan DPR,” kata Hajriyanto, Senin (29/10/2012).

Badan Kehormatan DPR, menuru Hajriyanto, wajib memprosesnya. Karena BK DPR adalah instrumen DPR yang bertugas untuk menegakkan etika kedewanan.

“BK DPR harus segera memprosesnya karena ini merupakan pelanggaran serius terhadap sumpah jabatan yang diucapkan dengan ucapan ‘demi Allah saya bersumpah’ pada waktu pelantikan sebagai anggota dewan,” katanya.

Sebelumnya diberitakan larangan kongkalikong dengan oknum DPR yang dikeluarkan pemerintah melalui Seskab Dipo Alam menuai kritik keras kalangan DPR. Hajriyanto termasuk yang mendorong agar DPR membuat larangan serupa jika memang bersih dari praktik kongkalikong anggaran.

Dahlan Iskan juga menyatakan siap membeberkan siapa saja peminta ‘upeti’ di lingkungan BUMN yang disebut-sebut dari kalangan DPR. Namun dia menunggu undangan resmi.

“Bener mau, bener ta. Saya siap beberkan asal satu diundang resmi bukan atas keinginan saya,” jawab Dahlan kepada wartawan di sela kunjungannya di Kota Batu, Jatim, Jumat (26/10/2012).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya