MPKU Muhammadiyah Berkomitmen Akselerasi Kesehatan Umat

Majelis Pembina Kesehatan Umum (MPKU) Muhammadiyah berkomitmen mengakselerasi kesehatan umat.

 Silaturahmi Majelis Pembina Kesehatan Umum (MPKU) Muhammadiyah, Rabu (10/8/2022) di Edutorium Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). (Solopos/Afifa Enggar Wulandari)

SOLOPOS.COM - Silaturahmi Majelis Pembina Kesehatan Umum (MPKU) Muhammadiyah, Rabu (10/8/2022) di Edutorium Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). (Solopos/Afifa Enggar Wulandari)

Solopos.com,  SOLO — Majelis Pembina Kesehatan Umum (MPKU) Muhammadiyah berkomitmen mengakselerasi kesehatan umat.

Salah satunya dibuktikan dengan Pencanangan Bakti RS klinik Muhammadiyah ‘Aisyiyah (RSMA) untuk Negeri yang disampaikan saat Silaturahim MPKU, Rabu (10/8/2022) di Edutorium Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS).

PromosiDaihatsu Rocky, Mobil Harga Rp200 Jutaan Jadi Cuma Rp99.000

Hadir pula Ketua MPKU Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Agus Syamsudin, Ketua PPM Bidang Kesehatan dan Kesejahteraan Sosial Agus Taufiqurrohman, serta Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Indonesia Muhadjir Effendy, dan Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir.

Haedar Nashir mengatakan silaturahmi tersebut dihadiri oleh ratusan perwakilan dari RSMA sekaligus menjadi rangkaian acara menuju Muktamar ke-48 Muhammadiyah ‘Aisyiyah di Kota Solo.

“Pertama ini silaturahmi dan rakornas majelis pelayanan kesehatan  yang dihadiri oleh empat 460 peserta dari indonesia mewakili rumah sakit aisyiah dan juga bagi lembaga-lembaga di bawah kita,” katanya usai sambutan, Rabu (10/8/2022).

Baca Juga: PD Nasyiatul Aisyiyah Adakan Eco-Bhinneka, Angkat 3 Isu Utama

Dalam silaturahim MPKU, Muhammadiyah berkomitmen mengakselerasi peran dan tugasnya bagi kesehatan umat. Karenanya, RSMA harus berkolaborasi dengan stakeholder lembaga kemasyarakatan baik internal Muhammadiyah atau di luar PP Muhammadiyah.

“Kita ingin terus mengakselerasi apa peran dan tugas Muhammadiyah untuk kesehatan bangsa masyarakat di mana juga memerlukan dukungan kolaborasi dan kerja sama dengan seluruh lembaga-lembaga kemasyarakatan,” katanya Haedar.

Penguatan dan pertumbuhan layanan kesehatan MPKU dipandang perlu untuk diwujudkan hingga tataran terkecil masyarakat. Hal itu dibutuhkan agar kekuatan pelayanan kesehatan bisa menjangkau hingga akar rumput.

“Jadi bukan hanya di kota-kota besar ada pelayanan kesehatan tapi juga bisa membackup di kota daerah-daerah kecil dalam wujud pelayanan kesehatan untuk itu,” ungkapnya.

Baca Juga: Green Movement HUT ke-25 Solopos di SMA Muhammadiyah 1 Simo

Lebih lanjut, Haedar mengatakan Muhammadiyah tengah berkonsolidasi agar rumah sakit di bawah Persyarikatan Muhammadiyah bisa lebih maju. Hal itu juga menjadi salah satu aktualisasi dakwah Muhammadiyah.

“Untuk yang tingkat bawah naik menengah lalu naik ke tingkat atas dan terakhir menjadi rumah sakit yang paripurna. Sebab dengan kekuatan seperti itu nanti kita bisa berperan membantu kesehatan masyarakat,” terangnya.

Haedar juga memandang, edukasi dan pengetahuan budaya hidup sehat di tengah masyarakat juga perlu diperkuat. Untuk membangun budaya tersebut, Haedar yakin Muhammadiyah mampu memberikan edukasi dengan pendekatan keagamaan yang dapat diterima masyarakat.

Baca Juga: UMS Siap Mendukung Pengembangan ITB Muhammadiyah Grobogan

“Bukan hanya rumah sakit, namun masyarakat kita ini sekarang perlu digerakkan budaya hidup sehat. Dengan pendekatan keagamaan saya yakin masyarakat akan terbangun kesadarannya dan kalau bangsa itu sehat masyarakatnya insya Allah maju jadi,” jelasnya.

Sementara itu, Menteri Muhadjir Effendy berharap organisasi keagamaan dapat ikut andil dalam meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Hal itu juga tak lepas dari sejarah panjang dan kiprah Muhammadiyah dalam bidang kesehatan.

“Demikian kita harapkan organisasi sosial keagamaan seperti Muhammadiyah yang sudah punya sejarah panjang  ikut serta di dalam memberikan pelayanan kesehatan itu bisa menjadi upaya transformasi kesehatan nasional,” kata Muhadjir kepada awak media.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Gibran Tegaskan Pembangunan Masjid Sriwedari Solo Segera Dilanjutkan

      Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, akan mengembalikan Sriwedari sebagai ruang publik. Ia juga berkomitmen melanjutkan pembangunan Masjid Sriwedari yang sempat terhenti.

      Dipancing Rp17,5 Juta, Bisa Keluar Rp35 Juta untuk Rehab RTLH di Sragen

      Bupati Sragen mengapresiasi gotong royong an swadaya masyarakat dalam menyukseskan program tuntas kemiskinan (Tumis) di Desa Jabung, Kecamatan Plupuh.

      Mencuri Ponsel untuk Berfoya-Foya, Residivis Asal Ceper Klaten Ditangkap Polisi

      Residivis pencurian ponsel asal Ceper, Klaten, ditangkap Tim Satreskrim Polres Klaten setelah beraksi di wilayah Kecamatan Bayat.

      Kodim Karanganyar Serahkan Bantuan untuk 12 Eks Napiter

      Dalam rangka HUT ke-77 TNI, Kodim 0727/Karanganyar menyerahkan bantuan paket sembako kepada para eks napi terorisme (napitr), warakawuri, dan veteran.

      Kementan: 14,8 Juta Ternak Harus Dipasangi Anting Ear Tag Tahun Ini

      Kementerian Pertanian (Kementan) menargetkan sebanyak 14,8 juta ternak dipasangi anting ear tag atau penanda identitas hingga Desember 2022.

      Kirab Grebeg Maulud Solo Kembali Digelar, 150 Petugas Keamanan Disiagakan

      Diprediksi bakal dipadati ribuan warga, acara Grebeg Maulud di Keraton Solo akan dikawal oleh 150 personel gabungan untuk mengamankan jalannya acara yang kali pertama digelar sejak pandemi Covid-19.

      Respons Putusan MA, Komunitas Sriwedari Desak Pemkot Solo Lakukan Revitalisasi

      Forum Komunitas Sriwedari (Foksri) meminta Pemkot Solo segera menindaklanjuti putus MA soal tanah Sriwedari dengan langkah-langkah konkret. Langkah tersebut melalui revitalisasi.

      Jembatan Sasak Sukoharjo Rusak Diterjang Hujan, Perbaikan Tunggu Air Surut

      Jembatan sasak pertama di Desa Gadingan, Kecamatan Mojolaban, Sukoharjo rusak karena diterjang hujan, Kamis (6/10/2022).

      Cakades di Sragen Curi Start Kampanye, Panitia Pilkades: Yang Penting Kondusif

      Para cakades yang akan bersaing di pilkades serentak di Sragen sudah curi start dengan memasang baliho kampanye. Panitia Pilkades tak mempersoalkan itu sepanjang tidak ada protes dari para cakades.

      Tanggulangi Wabah PMK di Boyolali, Pemkab Mulai Data Ternak Sapi dan Kerbau

      Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali mulai melakukan penandaan dan pendataan hewan pascapenurunan data penyakit mulut dan kulit (PMK) di Boyolali.

      Menunggu Pelanggan, 2 PSK Paruh Baya Terjaring Operasi Pekat di Solo

      Dua perempuan pekerja seks komersial mendapatkan pembinaan setelah terjaring razia pekat Polsek Banjarsari, Solo. Keduanya bukan berasal dari Solo.

      Transformasi Jabung, Salah Satu Desa Termiskin di Sragen yang Kini Naik Kelas

      Program tuntas kemiskinan (Tumis) yang untuk kali pertama dilakukan Pemkab Sragen dinilai berhasil mengentaskan Desa Jabung di Kecamatan Plupuh dari kemiskinan. Kini semua warganya berada di atas garis kemiskinan.

      Hore! Kasus PMK Boyolali Melandai, Nol Penambahan hingga Oktober Ini

      Kasus penyakit mulut dan kuku (PMK) di Boyolali mulai melandai disusul dibukanya Pasar Hewan di Boyolali.

      Di Jateng, Cuma Sragen & Wonogiri yang Dapat Apresiasi KASN Soal Lelang Jabatan

      Hanya Pemkab Sragen dan Wonogiri yang mendapatkan penghargaan dari KASN terkait pengisian jabatan eselon II kategori baik.

      Yuk Coba KA Bandara Solo, Jadwal 3 Kali Sehari dengan Harga Rp7.000/Orang

      Jadwal dan rute perjalanan Kereta Api Bandara Adi Soemarmo Solo (KA BIAS) atau KA Bandara Solo dari Stasiun Balapan Solo maupun Stasiun Klaten.