SOLOPOS.COM - Darwis Triadi (Dok/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SOLO — Tiga dekade lebih bergelut di dunia fotografi, fotografer senior Darwis Triadi rupanya menemukan pengalaman paling berkesan saat memotret di kampung halamannya, Solo. Darwis mengaku mendapatkan pengalaman spiritual saat memotret karya seni kaca milik seniman asal Jepang, Masuda Hiromi, di Keraton Solo.

Darwis Triadi memotret karya garapan Masuda Hiromi pada 2006 lalu. Sejumlah karya seniman yang tenar di Eropa ini kemudian dibuat karya instalasi di sejumlah tempat seperti Candi Sukuh, Keraton Kasunanan, hingga Pantai Parangkusumo di Gunung Kidul.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Masuda Hiromi saat itu sedang mencari tempat yang vibrasi spiritualnya tinggi. Lalu dia saya ajak memotret ke beberapa tempat di Soloraya sampai DIY. Dia sampai nangis. Setelah sekian lama mencari tempat, akhirnya nemu juga di tanah Jawa,” ujar Darwis ketika berbincang dengan wartawan di Hartono Mall, Rabu (29/1/2014) sore.

Ekspedisi Mudik 2024

Fotografer yang karyanya pernah mejeng di majalah Vogue ini mengungkapkan dari beberapa sesi pemotretan, dirinya sempat melihat penampakan Pakubuwono (PB) V saat memotret di kompleks Keraton Kasunanan. “Waktu lagi motret di Keraton saya dapat gambaran PB V lagi duduk di kursinya. Habis itu saya melihat ada orbs [anomali cahaya yang tertangkap kamera] yang masuk ke badan saya,” ungkapnya.

Selepas mendapatkan pengalaman spiritual di Keraton Kasunanan, keesokan harinya, Darwis dan Masuda melanjutkan sesi pemotretan di Pantai Parangkusumo, Gunung Kidul, DIY. Di sela sesi pemotretan tersebut, lanjutnya, karya Masuda tergulung ombak laut pantai selatan.

“Yang aneh, karya glass yang kami kira hancur dihempas ombak itu masih utuh. Hanya satu karya berwarna hijau yang pecah. Besoknya saya langsung mengunjungi guru spiritual, ternyata tempat pemotretan yang saya pakai di Parangkusumo itu konon tempat semedi PB V dan Nyi Roro Kidul,” kisahnya.

Menurut Darwis, dari sejumlah tempat buruan lokasi memotretnya, sejumlah tempat di Solo memiliki getaran energi yang kuat dan bisa mendukung karya jepretannya. “Banyak tempat di Solo yang menarik. Salah satunya Benteng Vastenburg. Lama saya di sana, rasanya bobot vibrasinya lebih tinggi dari tempat lain,” katanya.

Darwis Triadi rencananya bakal memamerkan foto yang sempat membuatnya mengalami pengalaman spiritual tersebut di Atrium Hartono Mall, Maret mendatang. Karya foto tersebut akan bersanding dengan 50 foto terbaru hasil jepretannya selama hunting di Soloraya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya