SOLOPOS.COM - Ilustrasi motor listrik. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Masih banyak orang meragukan performa sepeda motor listrik, salah satunya apakah kuat atau tidak di tanjakan? Bagi kamu yang tengah bimbang, simak ulasannya di info otomotif kali ini.

Sepeda motor listrik kian menjadi populer di Indonesia. Selain ramah lingkungan, nyatanya menggunakan motor listrik pengoperasiannya mudah, perawatan lebih ekonomis, dan hemat energi.

Promosi Yos Sudarso Gugur di Laut Aru, Misi Gagal yang Memicu Ketegangan AU dan AL

Tak sedikit warganet membagikan pengalaman mereka naik motor listrik yang tidak kuat di tanjakan. Hal itu diunggah warganet di TikTok.

“Jalan nanjak udah ga kuat,” tulis akun Lilikk dikutip pada Senin (7/8/2023).

Unggahan ini pun mendapatkan banyak komentar warganet. Kebanyakan warganet menilai hal itu terjadi lantaran motor listrik tersebut ber-cc kecil. “Ini kan motor listrik cc kecil manaa kuat najaak… cari nae yg cc besar,” komentar akun arthayu***.

“Nunggu motor listrik kekuatannya setara motor bensin baru deh,” tulis sug***.

Namun ada pula warganet membagikan pengalamannya naik motor listrik bisa kuat di tanjakan bahkan berhenti di tengah tanjakan.  Dia melakukan dua kali percobaan naik tanjakan.

Percobaan itu diunggah oleh akun Smoot Motor di TikTok. Percobaan pertama tanpa stop and go. Dia naik tanjakan dan  speed masih aman.

Percobaan kedua pakai stop and go. Di percobaan kedua dia berhenti di tengah-tengah tanjakan lalu melanjutkan lagi perjalanan. Hasilnya speed masih aman.

Unggahan tentang percobaan motor listrik kuat di tanjakan ini mendapatkan banyak komentar warganet. Banyak warganet menanyakan apakah motor listrik tetap kuat nanjak bila dipakai boncengan?

“Kalo boncengan? Jgn sampe pacar jalan kaki,” tulis akun Deagu***.

“Boncengan min,” tulis akun Rudi Pur***.

Tidak sedikit pula warganet menilai tanjakan yang dipakai uji coba motor listrik tersebut kurang menantang. “Coba tanjakan di puncak bisa ga,”  tulis akun Yanto***.

“Kalo buat nanjak di daerah pegunungan gimana,” tulis akun tan***.

“Coba di trek Waleri/Cikidang,”  tulis J.N***

Namun ada juga warganet yang menjelaskan kuat atau tidaknya motor listrik di tanjakan tergantung dari cc kendaraan. “Pastinya kuatlah. Tergantung torsi motor dan racikan rasio transmisi gearbox nya. Banyak tuk sekarang sepeda MTB dan sepeda motor trail yang pake mesin listrik. Bahkan mobil rally dan truk  untuk angkutan barang pun sudah ada yang pake mesin listrik,” tulis Sam ***.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya