SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

DOHA- Jorge Lorenzo memang mendominasi balapan MotoGP Qatar dan berujung kemenangan perdana musim ini. Tapi cerita seru dibuat oleh Valentino Rossi dan debutan Marc Marquez yang terlibat duel seru perebutan podium kedua.

 

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pada balapan yang dihelat di sirkuit Losail, Senin (8/4/2013) dinihari WIB, Lorenzo yang memegang pole position berhasil menuntaskan balapan dengan keunggulan 5,9 detik di akhir lomba dari Rossi yang finis di posisi kedua.

 

Cerita seru dibuat Rossi saat merebut posisi runner-up di seri pembuka MotoGP musim 2013 karena di 3-4 lap terakhir ia harus berduel dengan Marquez, pebalap rookie asal Repsol Honda yang baru berusia 20 tahun.

 

Lorenzo sementara memimpin klasemen dengan 25 poin, disusul Rossi dengan 20 poin dan Marquez dengan 16 poin di posisi ketiga. Balapan selanjutnya adalah di Austin, Texas pada 19-21 April.

 

Jalannya Balapan

 

Lorenzo yang start terdepan langsung tancap gas ketika balapan dimulai. Dani Pedrosa menyalip posisi Cal Crutchlow di posisi kedua sementara itu Andrea Dovizioso di posisi ketiga. Valentino Rossi di posisi keenam dan menyalip ke posisi keempat.

 

Sayangnya di lap kedua Rossi melebar di tikungan pertama dan ia disalip tiga pebalap lainnya. Lalu Lorenzo tetap nyaman di posisi pertama dan Pedrosa tetap menjaga jarak dengan pesaingnya itu. Sementara itu Crutchlow sudah di posisi ketiga.

 

Di lap keempat Marc Marquez sudah menyalip Crutchlow di posisi ketiga dan ia kemudian menempel ketat Pedrosa. Crutchlow tetap menempel Marquez dan berusaha terus menyodok namun Marquez berhasil mempertahankan posisinya itu.

 

Lalu di mana Lorenzo? Enam lap berlalu ia masih memimpin dengan keunggulan 2,709 detik dari Pedrosa. Lalu ada Marquez, Crutchlow, Stefan Bradl dan Rossi. Di lap selanjutnya Rossi naik satu posisi menggeser Bradl setelah kurang lebih dua lap mengejar pebalap Jerman itu.

 

Sebelas lap balapan berjalan dan Lorenzo menjauhkan jarak dengan Pedrosa menjadi sekitar 4 detik. Sementara Pedrosa juga menghadapi perlawanan ketat dari Marquez dan juga Crutchlow. Roissi di posisi kelima diikuti Alvaro Bautista.

 

Marquez! Setelah beberapa lap mengejar Pedrosa akhirnya rider debutan Repsol Honda itu menyalip rekan setimnya di lap ke-16 di trek lurus. Kini Marquez ada di posisi kedua dan Pedrosa kini mengejar kompatriotnya itu. Sementara itu Lorenzo sangat nyaman di depan dengan keunggulan 6,649 detik.

 

Rossi kemudian berhasil menyalip Pedrosa di lap ke-17 dan kemudian satu lap kemudian giliran Marquez yang disalip Rossi. Tapi rider 19 tahun itu tak mau menyerah karena ia kembali menyalip Rossi di lap ke-19 dan tak lama kemudian Rossi membalasnya untuk merebut kembali posisi kedua.

 



Duel seru keduanya terjadi hingga lap terakhir dan sempat terjadi wheel-to-wheel di antara Rossi serta Marquez. Tapi kematangan Rossi membuatnya berhasil mempertahankan urutan kedua di podium dari kejaran Marquez.

 

Pedrosa, Crutchlow, Alvaro Bautista, Andrea Dovizioso, Nicky Hayden, Andrea Iannone dan Ben Spies berurutan finis di posisi ke-4 hingga ke-10

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya