SOLOPOS.COM - Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, saat melakoni balapan MotoGP Prancis di Sirkuit Le Mans, Minggu (19/5/2013) malam WIB. Marquez tampil fantastis dengan merebut podium ketiga. JIBI/SOLOPOS/Reuters

LE MANS – Rookie Repsol Honda, Marc Marquez, mengaku terkejut mampu meraih podium ketiga pada balapan MotoGP Prancis di Sirkuit Le Mans, Minggu (19/5/2013) malam WIB.

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, saat melakoni balapan MotoGP Prancis di Sirkuit Le Mans, Minggu (19/5/2013) malam WIB. Marquez tampil fantastis dengan merebut podium ketiga. JIBI/SOLOPOS/Reuters

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Marquez mengawali balapan memang dari posisi start pertama, setelah tampil sebagai yang tercepat di babak kualifikasi. Namun, kondisi lintasan yang basah, akibat guyuran hujan, membuatnya tercecer dari posisi depan, ke urutan 10 besar.

Namun, pada balapan di lintasan basah MotoGP pertamanya itu, Marquezs lambat laun mampu bangkit. Juara Moto2 musim lalu itu mulai merangsek ke depan. Bahkan di akhir-akhir perlombaan, Marquez mampu menyalip pembalap Ducati, Andrea Dovizioso, untuk mengunci posisi ketiga, di belakang pembalap Monster Yamaha Tech3, Cal Crutchlow, yang menempati urutan kedua dan rekan setimnya, Dani Pedrosa, di urutan terdepan.

Hasil itu membuat Marquez melanjutkan rekornya untuk terus menempati podium sepanjang musim ini. Dalam empat seri yang sudah digelar, Marquez selalu meraih juara dan tampil di atas podium.

Terkait pencapaiannya ini Marquez mengaku terkejut. Apalagi di seri Prancis ini, Marquez harus berusaha keras untuk bisa finish di posisi ketiga.

“Itu sangat sulit, terutama di awal [balapan],” ujar Marquez. “Saya membuat kesalahan besar saat start dan di awal saya berusaha sangat keras.”

“Kemudian, saya membuat banyak, banyak kesalahan. Saya kembali bangkit [tapi] sejujurnya saya tak berharap bisa menyelesaikannya di podium.”

Podium ketiga membuat Marquez kehilangan posisinya di puncak klasemen pembalap. Marquez saat ini menempati urutan kedua, tertinggal enam poin dari Pedrosa, yang bertengger di puncak dengan torehan 83 poin.

Marquez mengaku siap berebut gelar juara dunia dari rekan setimnya. Pikiran ini terlintas saat dia mencoba mendekati Crutchlow, untuk merebut posisi kedua di Sirkuit Le Mans.

“Pada lap terakhir, saya melihat Cal di sana, namun setelah balapan, saya merasa podium [ketiga] sudah cukup,” imbuhnya.

“Ini merupakan balapan pertamaku di kondisi basah dan finish di sini dan memulai kejuaraan dengan empat podium secara beruntun sudah cukup penting.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya