SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

MotoGP Prancis 2015 dikuasai Jorge Lorenzo. Kemenangan ini membuat skor Lorenzo dekati Rossi.
 
Solopos.com, LE MANS — Pembalap Yamaha, Jorge Lorenzo, berhasil menekan rekan satu timnya, Valentino Rossi, dalam perebutan puncak klasemen MotoGP musim ini setelah menaklukan Sirkuit Le Mans, Prancis, Minggu (17/5/2015).

Peraih dua kali gelar juara dunia itu merebut podium utama di GP Prancis dengan gap meyakinkan atas Rossi yang mengekor di posisi kedua. Lorenzo mencatatkan waktu 43 menit 44,143 detik atau lebih cepat 3,820 detik atas Rossi.

Promosi Tragedi Kartini dan Perjuangan Emansipasi Perempuan di Indonesia

Ini merupakan podium pertama Lorenzo di Le Mans sejak 2012. Dia juga tercatat telah mengemas lima kali kemenangan sepanjang kariernya di Le Mans.

Pembalap berdarah Spanyol itu sukses melanjutkan tren positif dengan merebut podium utama dalam dua balapan beruntun musim ini. Sebelumnya, dia juga berhasil menjungkalkan jagoan Honda, Marc Marquez, di MotoGP Spanyol, 3 Mei lalu.

Kemenangan ini memangkas jarak Lorenzo menjadi 15 poin di belakang Rossi yang memimpin klasemen sementara MotoGP musim ini dengan raihan 102 poin.

“Start yang sangat bagus dan di tikungan pertama saya mendahului [Andrea] Dovizioso untuk merebut urutan terdepan. Saat Valentino [Rossi] di urutan kedua, saya memacu kecepatan maksimum. Kemenangan ini sangat penting untuk championship dan saya sangat puas,” kata Lorenzo, seperti dilansir Crash, Minggu.

Rossi pun mempertontonkan performa tak kalah gemilang. Memulai balapan dari urutan ketujuh, pembalap berjuluk The Doctor itu mampu mengalahkan duo Ducati, Andrea Iannone dan Dovizioso, yang berada di depannya.

Rossi finis sebagai runner up dan menyempurnakan raihan dua podium teratas Yamaha untuk kali pertama musim ini. Peraih tujuh gelar juara dunia itu juga menjadi satu-satunya pembalap yang selalu naik podium dalam lima seri balapan musim ini.

“Untuk balapan, kami melakukan sesuatu yang sangat berbeda dengan motor ini dan saya merasa sangat baik. Saya membutuhkan dua atau tiga lap untuk memahami tapi kemudian berhasil meraih kecepatan bagus. Pertarungan hebat dengan duo Ducati. Saat berada di belakang Jorge [Lorenzo], saya mencoba [merebut urutan terdepan] tapi hari ini [kemarin] dia sangat cepat,” tutur Rossi.

Kompatriot Rossi, Andrea Dovizioso, finis di urutan ketiga untuk mempersembahkan podium keempat bagi Ducati musim ini.  “Saya kesulitan mengatasi grip setelah 10 lap, khususnya pada pengereman. Saya tidak mampu mengejar Lorenzo di akhir balapan dan sangat sulit menjaga kecepatan setelah Valentino mendahului saya. Tapi sangat penting kembali ke podium,” kata dia.

Sementara itu, juara dunia MotoGP 2014, Marc Marquez, semakin jauh dari Rossi untuk memperebutkan puncak klasemen musim ini. Meski sukses merebut pole position, Marquez hanya puas finis di peringkat keempat dengan gap 19,890 detik dari Rossi. (Tri Indriawati/JIBI/Solopos)

Pembalap Lorenzo (ka) dan Rossi (ki) selebrasi dengan pemimpin Yamaha MotoGP Kouichi. JIBI/Rtr/Steph

Pembalap Lorenzo (ka) dan Rossi (ki) selebrasi dengan pemimpin Yamaha MotoGP Kouichi. JIBI/Rtr/Steph

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya