SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, LE MANS — Marc Marquez menunjukkan performa yang benar-benar mengundang decak kagum di MotoGP Prancis. Marquez pamer aksi menawan sebelum menyentuh garis finis di posisi terdepan.

Menempati pole position, Marquez sejak awal memang jadi favorit dalam balapan di Sirkuit Le Mans, Minggu (18/5/2014). Tapi, pembalap Repsol Honda itu tak lantas tampil dominan dan terus di depan sepanjang lomba.

Promosi Championship Series, Format Aneh di Liga 1 2023/2024

Yang membuat balapan jadi seru adalah perjuangan Marquez merebut posisi terdepan setelah sempat tercecer jauh di awal lomba. Marquez terlempar ke urutan sepuluh selepas start, tapi dia dengan sabar mengejar ketertinggalannya.

Lap demi lap berlalu, Marquez menyalip satu demi satu pebalap di depannya. Puncaknya adalah pada lap ke-13 ketika dia mengasapi Valentino Rossi untuk merebut posisi pertama.

Setelah Marquez memimpin lomba, cerita selanjutnya bisa ditebak. Dia perlahan-lahan menjauh dan akhirnya tak terkejar sampai garis finis.

Bagi Marquez, kemenangan ini meneruskan dominasinya pada musim ini. Dia selalu menang pada lima seri awal, setelah sebelumnya dia naik podium pertama di Qatar, Austin, Argentina, dan Jerez.

Dicatat Infostrada, seperti dilansir detiksprt, Marquez adalah pembalap pertama dalam kurun waktu 42 tahun yang memenangi lima seri pertama di sebuah musim balap motor grand prix. Dia menyamai catatan Giacomo Agostini pada tahun 1972.

Marquez juga menjadi pembalap pertama yang memenangi lima balapan secara berturut-turut di kelas premier dari posisi pole sejak Mick Doohan terakhir melakukannya pada 1997. Dia tercatat sebagai pembalap termuda yang memenangi lima balapan secara berturut-turut di kelas premier, yakni dalam usia 21 tahun 90 hari.

Berkat kemenangannya di Le Mans, Marquez makin kokoh di puncak klasemen sementara dengan koleksi 125 poin. Dia unggul 42 poin atas Dani Pedrosa yang berada di posisi kedua. Rossi menempati urutan ketiga dengan 81 poin. (JIBI/SOLOPOS)

BERIKUT KLASEMEN SEMENTARA MOTOGP 2014:
1. Marc Marquez (Spain) Honda 125
2. Dani Pedrosa (Spain) Honda 83
3. Valentino Rossi (Italy) Yamaha. 81
4. Andrea Dovizioso (Italy) Ducati 53
5. Jorge Lorenzo (Spain) Yamaha 45
6. Stefan Bradl (Germany) Honda 39
7. Pol Espargaro (Spain) Yamaha 38
8. Aleix Espargaro (Spain) Yamaha.37
9. Bradley Smith (Britain) Yamaha 34
10. Alvaro Bautista (Spain) Honda 26
11. Andrea Iannone (Italy) Ducati 25
12. Nicky Hayden (U.S.) Honda 23
13. Hiroshi Aoyama (Japan) Honda 21
14. Scott Redding (Britain) Honda 18
15. Yonny H (Colombia) Ducati. 16
Word Co

Marc Marquez saat tampil di sirkuit Le Mans, sebagai juara MotoGP Prancis. JIBI/Rtr/Stephane Mahe

Marc Marquez saat tampil di sirkuit Le Mans, sebagai juara MotoGP Prancis. JIBI/Rtr/Stephane Mahe

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya