SOLOPOS.COM - Pembalap Yamaha, Jorge Lorenzo (kanan) melihat ke arah kompatriotnya, pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, saat di podium seusai balapan MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez, Minggu (5/5/2013) petang WIB. JIBI/SOLOPOS/Reuters

Ekspedisi Mudik 2024

Pembalap Yamaha, Jorge Lorenzo (kanan) melihat ke arah kompatriotnya, pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, saat di podium seusai balapan MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez, Minggu (5/5/2013) petang WIB. JIBI/SOLOPOS/Reuters

JEREZ – Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, meminta maaf atas aksinya yang menyebabkan tabrakan dengan pembalap Yamaha, Jorge Lorenzo, saat adu kebut pada MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez, Minggu (5/5/2013) petang WIB.

Kedua pembalap Spanyol ini terlibat duel sengit untuk memperebutkan posisi kedua.Saat-saat terakhir, tepatnya pada lap pamungkas di tikungan terakhir, Marquez berhasil menyalip Lorenzo.

Namun aksi Marquez menyalip Lorenzo diwarnai sedikit insiden. Marquez sempat menabrak Lorenzo, hingga membuat juara dunia musim lalu itu melebar dan keluar dari lintasan. Meski demikian, insiden itu tak menyebabkan kedua pembalap terjatuh. Lorenzo maupun Marquez mampu melanjutkan balapan. Namun, Lorenzo harus merelakan podium kedua yang sudah di depan mata, dicuri oleh Marquez dan harus puas menghuni tempat ketiga.

Atas aksi itu, Marquez mencoba meminta maaf pada Lorenzo di parc ferme (taman penutup). Namun, Lorenzo menggerak-gerakkan jarinya kepada Marquez, sebelum berbalik arah.

“Saya meminta maaf pada Jorge karena Anda tak pernah menginginkan hal ini,” ujar Marquez. “Pada akhirnya yang terpenting bahwa kami berdua menyelesaikan balapan. Jadi itu merupakan pertarungan yang menarik bagi para penggemar,” imbuhnya.

“Pada putaran terakhir saya melakukannya dengan 110 persen dan saya melihat ke tikungan terakhir, Jorge terlihat membuka sedikit pintu, maka saya masuk.”

Marquez menambahkan bahwa dia pernah melihat bentrokan yang serupa pada masa lalu. Menurutnya duelnya dengan Lorenzo, mirip yang terjadi dengan Valentino Rossi dan Sete Gibernau pada 2005 lalu.

“Sering kali hal semacam ini terjadi. Saya belajar dari rekaman videonya dan mencoba melakukan yang terbaik,” beber Marquez.

Sementara itu, Lorenzo menolak mengomentari pertarungan dengan Marquez. Ia hanya mengatakan bahwa tabrakannya dengan Marquez tak perlu dibicarakan. Ia lebih memilih mengakui bahwa dia melakukan beberapa kesalahan hingga posisinya bisa diambil alih Marquez.

“Saya hanya melakukan dua kali kesalahan,” terang Lorenzo. “Pertama saat start dan kemudian pada tikungan terakhir karena tidak menutup pintu sedikit lagi.”

“Bagaimanapun saya gembira. Saya rasa kami melakukan balapan yang bagus dengan motor yang kami  miliki dan saya telah melakukan yang terbaik.”

Podium kedua membuat Marquez mempertahankan posisinya di puncak klasemen pembalap MotoGP. Juara dunia Moto2 musim lalu itu mengantongi 61 poin atau unggul tiga angka dari rekan setimnya, Dani Pedrosa, yang merangsek di posisi kedua.

Sementara, Lorenzo harus turun satu peringkat ke posisi tiga dengan torehan 57 poin. Sedang, rekan setim Lorenzo, Valentino Rossi, menyusul di posisi empat dengan 43 poin.

Berikut Daftar Klasemen Sementara Pembalap MotoGP 2013
No     Pembalap     Motor     Negara     Poin
1    Marc MARQUEZ    Honda    SPA    61
2    Dani PEDROSA    Honda    SPA    58
3    Jorge LORENZO    Yamaha    SPA    57
4    Valentino ROSSI    Yamaha    ITA    43
5    Cal CRUTCHLOW    Yamaha    GBR    35
6    Alvaro BAUTISTA    Honda    SPA    28
7    Andrea DOVIZIOSO    Ducati    ITA    26
8    Nicky HAYDEN    Ducati    USA    24
9    Aleix ESPARGARO    ART    SPA    17
10    Andrea IANNONE    Ducati    ITA    13
11    Stefan BRADL    Honda    GER    11
12    Bradley SMITH    Yamaha    GBR    10
13    Ben SPIES    Ducati    USA    9
14    Hector BARBERA    FTR    SPA    7
15    Randy DE PUNIET    ART    FRA    6
16    Michele PIRRO    Ducati    ITA    5
17    Michael LAVERTY    PBM    GBR    3
18    Yonny HERNANDEZ    ART    COL    3
19    Danilo PETRUCCI    Ioda-Suter    ITA    2
20    Colin EDWARDS    FTR Kawasaki    USA    1
21    Hiroshi AOYAMA    FTR    JPN    1
Sumber : Motogp.com

Simak berita terkait : http://digital.solopos.com/file/06052013/

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya