SOLOPOS.COM - Pembalap Honda, Marc Marquez (kanan) dan rider Yamaha, Jorge Lorenzo, menyemprotkan sampanye di podium MotoGP Jepang di Sirkuit Motegi, Minggu (28/10/2013) siang WIB. JIBI/Solopos/Reuters/Toru Hanai

Solopos.com, MOTEGI –Penentuan gelar juara dunia MotoGP musim ini akan ditentukan hingga seri terakhir pada MotoGP Valencia, 10 November mendatang. Konfirmasi ini dipastikan setelah rider Yamaha, Jorge Lorenzo, tampil sebagai jawara pada MotoGP Jepang di Sirkuit Motegi, Minggu (28/10/2013) siang WIB.

Sirkuit Motegi sebenarnya menjadi penentu gelar juara dunia kali pertama bagi rider Repsol Honda, Marc Marquez. Rookie MotoGP itu bisa menjadi pembalap termuda pertama yang meraih gelar juara dunia asal merebut podium utama.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Namun, Lorenzo ternyata mampu memperpanjang nafasnya untuk mempertahankan gelar juara dunia. Rider Spanyol itu tampil sebagai yang terdepan dengan catatan waktu 42 menit 34,291 detik, atau lebih cepat 3,188 detik dari Marquez, yang menyusul di posisi kedua.

Tampilnya Lorenzo sebagai juara sebenarnya sudah tercium sejak awal. Juara dunia MotoGP dua kali ini menguasai balapan sejak bendera start dikibarkan.

Lorenzo diikuti rekan setimnya, Valentino Rossi, di awal lomba. Juara dunia tujuh kali ini pun semula terlihat akan mengikuti jejak Lorenzo, naik podium. Namun, Rossi kurang konsisten dengan melakukan dua kali kesalahan di tikungan ke-1 dan harus merelakan posisinya disalip duo Honda, Marquez dan Dani Pedrosa.

Formasi Lorenzo, Marquez dan Pedrosa di urutan 1-3 ini pun tak berubah hingga mencapai garis finish.

Hasil di Motegi membuat Lorenzo memangkas perolehan poinnya dengan Marquez menjadi 13 poin. Podium ketujuh di musim 2013 ini membuat Lorenzo mengemas 305 poin, sementara Marquez 318 poin.

Penentuan gelar juara dunia di akhir musim ini merupakan yang kali pertama sejak 2007 lalu. Pada 2007 lalu,adu pacuan gelar juara juga diperebutkan dua tim asal pabrikan asal Jepang, yakni Honda dan Yamaha. Saat itu, Nicky Hayden, yang mengendarai motor Honda, sukses merebut gelar juara dunia setelah mengalahkan Valentino Rossi dari Yamaha.

Klasemen Pembalap MotoGP hingga Seri Jepang, Minggu (28/10/2013)
No     Pembalap     Motor     Poin
1. Marc Marquez (Spain) Honda        318
2.  Jorge Lorenzo (Spain) Yamaha      305
3.  Dani Pedrosa (Spain) Honda        280
4.  Valentino Rossi (Italy) Yamaha    224
5.  Cal Crutchlow (Britain) Yamaha    188
6.  Alvaro Bautista (Spain) Honda     160
7.  Stefan Bradl (Germany) Honda      146
8.  Andrea Dovizioso (Italy) Ducati   133
9.  Nicky Hayden (U.S.) Ducati        118
10. Bradley Smith (Britain) Yamaha    107
11. Aleix Espargaro (Spain) Aprilia   88
12. Andrea Iannone (Italy) Ducati     57
13. Michele Pirro (Italy) Ducati      50
14. Colin Edwards (U.S.) FTR          40
15. Randy de Puniet (France) Aprilia  36
Sumber : Reuters/motogp.com/JIBI/yud

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya