SOLOPOS.COM - Pembalap Ducati Andrea Dovizioso sukses mempersempahkan pole position pertama. Ist/motogp.com

Solopos.com, MOTEGI — Pembalap Ducati, Andrea Dovizioso sukses mempersempahkan pole position pertama untuk timnya sejak 2010. Dia mengalahkan jagoan Yamaha, Valentino Rossi, dan pembalap Honda, Daniel Pedrosa, dalam kualifikasi MotoGP Jepang di Motegi, Sabtu (11/10/2014).

Ducati telah absen dari pole position sejak penampilan terakhir Casey Stoner di Valencia, 2010 lalu. Ini menjadi pole position kedua bagi Dovizioso setelah pernah menjadi pembalap tercepat untuk Tim Honda pada musim 2010.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Balapan akhir pekan ini tampaknya bakal berjalan mulus bagi pembalap asal Italia itu. Doviozo tampil meyakinkan dan kompetitif, baik saat menggunakan ban halus dan ban bersenyawa menengah.

Ekspedisi Mudik 2024

“Kami bekerja dengan baik sejak di FP1 [Latihan Bebas Pertama] hingga sekarang. Kini, kami ingin fokus merebut podium, tapi terlebih dahulu saya ingin berterimakasih kepada tim ini,” ujar dia, seperti dilansir motogp.com, Sabtu.

“Laju pertama sangat penting, sebab itu menunjukkan kepada saya seberapa harus menekan ban kedua. Kami mengalami peningkatan dari tiap latihan dan luar biasa sekali bisa merebut pole position,” ujar pembalap berusia 28 tahun itu.

Di awal kualifikasi, Dovizioso sudah berjuang keras mengungguli pembalap andalan Honda, Marc Marquez. Dia kemudian mengatur waktu untuk mengganti ban halus di putaran pertama.

Memasuki putaran kedua, Dovizioso mencatatkan waktu 1 menit 44,502 detik yang menjadi rekor kecepatan anyar di Sirkuit Twin Ring Motegi. Dani Pedrosa sebenarnya berpeluang merebut pole position tapi dia mengalami kecelakaan di tikungan kedua.

“Pole position selalu spesial dan saya tidak sering meraih hasil seperti ini. Ini adalah hasil luar biasa untuk kami setelah perjuangan panjang. Kami bekerja sangat keras dalam beberapa tahun terakhir. Saya sangat menyukai lintasan ini dan rem motor saya bekerja dengan baik. Ini sangat membantu, jadi saya yakin berpeluang besar meraih podium besok,” ulas dia.

Akan tetapi, Dovizioso harus bersaing ketat dengan Valentino Rossi yang juga bakal memulai balapan kali ini di baris terdepan. Pembalap berjuluk The Doctor itu meraih posisi kedua dalam perebutan pole position. Dia hanya berjarak 0,055 detik di belakang Dovizioso.

Rossi sempat mencatatkan waktu terbaik 1 menit 44,557 detik untuk memimpin kualifikasi sebelum Dovizioso mengambil alih pole position. “Saya sangat puas dengan hasil kualifikasi kali ini. Hasil seperti ini tercipta empat tahun lalu, sejak saya merebut pole position terakhir. Namun, urutan kedua di baris terdapan akan sangat penting untuk balapan besok karena banyak pembalap yang siap menempel posisi saya,” kata dia, seperti dirilis crash.net. (Tri Indriawati/JIBI/Solopos)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya